Pangkalpinang (Antaranes Babel) - Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung akan menerapkan pola pengalihan lalu lintas satu arah guna mengurangi titik-titik kecamatan menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah itu.

Dirlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Dwi Asmoro di Pangkalpinang, Kamis, mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi terjadinya kecamatan lalu lintas di beberapa titik.

"Pola-pola yang akan dilakukan Ditlantas Polda Babel semuanya hampir mirip dengan yang dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas seluruh Indonesia, seperti buka tutup jalan kanalisasi dan lain sebagainya, itu sifatnya melihat kepadatan arus lalu lintas terjadi," katanya.

Ia mengatakan, untuk di Bangka Belitung khususnya di Pangkalpinang, kepadatan arus lalu lintas masih tergolong lancar dan diperkirakan selama proses Operasi Lilin Menumbing ini tidak menjadi kemacetan.

"Untuk titik-titik kemacetan yang akan kami awasi, tentu saja seperti di pintu masuk ke Bangka Belitung, misalnya  Bandara Depati Amir dan pelabuhan sudah jelas menjadi titik kunci, karena itu merupakan gerbang masuk ke Bangka Belitung," katanya.

Menurutnya pelabuhan dan bandara merupakan kunci awal arus kedatangan maupun keberangkatan yang menuju provinsi Babel. Sedangkan arus lalu lintas yang rawan kemacetan lainnya, seperti Ramayana, BTC, pasar pagi, jalur Semabung dan di Jalan Koba.

Titik rawan lainnya seperti di Kabupaten Bangka, yaitu Riau Silip, jalur Merawang dan jalur Puding Besar. Sedangkan berapa titik yang menjadi kerawanan kecelakaan di objek-objek wisata seperti di daerah Sungailiat, Pantai Tongaci, Pantai Matras, Tikus Mas termasuk pantai Pasir Padi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru untuk selalu berhati-hati merayakan malam pergantian tahun, kurangi kecepatan berlalu lintas apalagi ini sudah memasuki musim penghujan, gunakan selalu alat keselamatan seperti helm sabuk pengaman, keselamatan meruapakan untuk kita semua ingat keluarga menunggu kita semua di rumah," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018