Muntok, Babel (Antaranews Babel) - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan patroli bersepeda untuk melayani para calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

"Situasi cukup aman dan kondusif, kehadiran patroli bersepeda efektif untuk pengamanan dan pelayanan calon penumpang di kawasan pelabuhan yang cukup luas," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Kepala Satlantas AKP Toni Susanto di Muntok, Senin.

Arus penumpang kapal feri yang datang dari Pulau Sumatera dan yang akan berangkat dari Pulau Bangka di Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok cukup meningkat pada masa libur akhir tahun.

Dengan adanya peningkatan arus penumpang datang dan berangkat tersebut, Polres Bangka Barat mendirikan posko pelayanan di pelabuhan untuk melayani warga sekaligus menciptakan kondisi aman dan nyaman di kawasan pelabuhan.

"Selain mendirikan posko pelayanan, kami juga menugaskan personel untuk terjun langsung di tengah para calon penumpang dan patroli bersepeda," katanya.

Menurut dia, kehadiran personel Kepolisian di tengah warga akan membantu menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

"Kegiatan patroli bersepeda ini merupakan salah satu alternatif cara berpatroli, agar lebih mudah melakukan pengawasan di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok," katanya.

Dalam patroli bersepeda tersebut, personel mendatangi aktivitas masyarakat di dalam dan di luar pelabuhan selama arus mudik Operasi Lilin Menumbing 2018.

"Kehadiran patroli sepeda juga diharapkan mampu mendekatkan polisi dengan masyarakat sebagai bentuk reformasi kultural dan menciptakan polisi yang humanis," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018