Pangkalpinang, (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprakirakan potensi hujan masih akan terjadi di daratan Bangka Belitung (Babel) pada Sabtu (26/4).

"Curah hujan yang akan terjadi di daratan ini masih dikategorikan ringan," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang, Jumat.

Berdasarkan pantauan cuaca, kata Rivai, potensi hujan ini diprakirakan terjadi di sebagian daratan Babel.

"Potensi hujan ini diprakirakan akan terjadi di empat kabupaten/kota yakni Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Ia menambahkan, tiga kabupaten lainnya kondisi cuaca hanya berawan namun tidak berpotensi turunnya hujan.

Sementara itu, pasang air laut di perairan Babel mencapai 2,38 meter yang berpotensi terjadi di Membalong Kabupaten Belitung.

"Ketinggian pasang air laut ini diprakirakan lebih rendah dari hari sebelumnnya dengan ketinggian mencapai 2,47 meter.

Ia menambahkan, pasang air laut di Kabupaten Bangka mencapai 2,26 meter, Bangka 1,32 meter Belitung Timur 1,54 meter, dan Bangka Selatan 1,81 meter.

Tinggi gelombang di jalur pelayaran Babel, kata Rivai, mencapai 1,3 meter dengan kecepatan angin berkisar antara 0,5 hingga 1,3 kilometer per jam.

"Ketinggian gelombang ini berpotensi terjadi di Selat Karimata, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Gelasa," ujarnya.

Pewarta: Oleh Aprionis

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014