Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Galeri Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menambah variasi produk guna meningkatkan daya beli wisatawan yang berkunjung di daerah itu. 
 
"Kami berusaha untuk menambah variasi produk. Variasi produk akan bertambah di galeri KUKM jika masyarakat ada kemauan menjadi wirausaha," kata manajer galeri KUKM Belitung, Solihin di Tanjung Pandan, Selasa.
 
Menurut dia, saat ini terdapat sebanyak 539 UKM dengan 1.900 jenis produk yang menjadi mitra Galeri KUMKM. Masing-masing produk tersebut telah memiliki nomor produk industri rumah tangga dan sertifikat halal.
 
Ia mengatakan produk olahan hasil laut masih mendominasi dan banyak diminati wisatawan di galeri tersebut. Seperti pilus rumput laut lada hitam, keripik telur cumi, aneka pletek ikan, keripik daging cumi, terasi udang, dan ikan asin.
 
"Kami yakin produk yang ada sekarang bisa memenuhi keinginan wisatawan menjadikan oleh-oleh dari Belitung bisa dibanggakan di tempat asal mereka," katanya.
 
Menurutnya galeri KUMKM Belitung  menjadi sarana penyanggah ekonomi dan perangsang masyarakat untuk  menjadi seorang wirausaha di tengah menjamurnya toko oleh-oleh di daerah itu.
 
Selain itu, galeri KUMKM  juga rutin memberikan edukasi dan pendampingan kepada para pelaku UMKM di daerah itu berupa layanan konsultasi.
 
"Kami mengedukasi bagaimana menyiapkan produk oleh-oleh untuk wisatawan. Dan itu menjadi kebanggaan bagi kami" katanya. 

Ia mendorong bagi pelaku UMKM di daerah itu untuk memasarkan produknya secara daring sehingga wisatawan dapat mengetahui tentang produk tersebut.
 
"Kami dorong mereka promosi di facebook atau instagram bahwa produk mereka juga tersedia di galeri KUMKM Belitung sehingga wisatawan banyak datang ke sini," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019