Muntok, Babel (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan persiapan pengamanan Pemilu 2019 agar berjalan sukses.

"Berbagai persiapan kami lakukan untuk mengawal pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, kami berharap seluruh tahapan bisa berjalan aman, tertib dan damai," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Kepala Satuan Sabhara Iptu Chandra Wijaya di Muntok, Rabu.

Menurut dia, persiapan tidak hanya dilakukan dengan memberikan pemahaman teori, namun juga melalui praktik atau simulasi di lapangan.

Berbagai pola pengamanan dilakukan menyesuikan berbagai situasi yang kemungkinan akan dihadapi dalam pelaksanaan pengamanan pemilihan umum.

"Hari ini kami berikan para personel Satuan Sabhara dengan pengetahuan keterampilan pengamanan taktis pengendalian massa," katanya.

Para personel diberikan keterampilan pola pengendalian massa dengan dibekali berbagai alat pendukung sesuai situasi, antara lain penggunaan tameng dan beberapa formasi pengamanan.

Berbagai formasi dalam mengurai kerumunan massa juga diberikan kepada seluruh personel agar mereka memiliki tanggung jawab penuh dan propasional dalam menjalankan tugas.

"Latihan taktis dilaksanakan guna pengasahan kemampuan setiap personel agar nanti saat dibutuhkan sudah memahami siapa, berbuat apa, bertanggung jawab pada apa pada saat bertugas," katanya.

Menurut dia, pesta demokrasi sebentar lagi akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia dan perlu disikapi dengan dewasa agar berjalan sukses.

"Kami berharap seluruh elemen masyarakat proaktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap terjaga kondusif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019