Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Anggota DPRD Kabupaten Bangka, Tjindrajana memberikan apresiasi penuh kepada pemerintah daerah setempat yang berhasil merebut piala Adipura atas kinerja kebersihan dan lingkungan 2018.

"Piala Adipura yang berhasil diraih membuktikan keberhasilan ini berkat kerja sama semua pihak yang terkait dan menunjukkan mulai meningkatnya kesadaran masyarakat untuk peduli dengan lingkungannya," kata Tjindrajana yang juga anggota Komisi III mitra Dinas Lingkungan Hidup, di Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa.

Dia menilai, terjadinya perubahan peningkatan kemandirian masyarakat termasuk keterlibatan sejumlah tokoh yang bersedia membantu pemerintah daerah dengan dana swadaya, menjaga dan turut melestarikan lingkungan alam dan desa.

Disarankan agar pemerintah daerah melalui DLH setempat, lebih dalam pengabdiannya dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan.

"Bagi masyarakat agar kebersihan lingkungan sekitar diperhatikan, jangan selalu berharap atau berpatokan terus pada pemerintah daerah melalui petugas kebersihan," katanya.

Menurutnya, menjaga dan melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama, begitu juga halnya dengan anggaran sosialisasi di DLH agar diperbanyak karena diketahui biaya sosialisasi ke masyarakat membutuhkan anggaran dana cukup banyak.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat mulai sekarang mari meningkatkan kesadaran sebagai warga masyarakat untuk wajib peduli dengan alam dan lingkungan sekitar," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019