Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam meningkatkan sumber daya manusia pelaku usaha mikro kecil menengah dan koperasi, sehingga mereka mudah mengembangkan usaha di pasar global.

"Bagi pelaku UMKM dan koperasi yang berhasil akan dikerjasamakan dengan SDM ITB dalam meningkatkan kualitas produk yang berdaya saing," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan penandatangan Memorandum of Understandin (MoU) antara Pemprov Kepulauan Babel dengan ITB telah dilaksanakan pada Jumat (15/2), sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia pelaku UMKM dan koperasi mengembangkan usaha yang berdaya saing di pasar nasional dan internasional.

Selain itu, penandatangan kerja sama ini antara Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan bersama Rektor IT  ITB, Prof. Kadarsah Suryadi sebagai upaya mengembangkan SDM dan koperasi, salah satunya pengembangan tenaga pengajar.

"Kita akan mengirimkan per tahun 20 orang guru untuk ditingkatkan pengetahuan pelaku UMKM dan koperasi di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia penandatangan kesepahaman bersama ini tentang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian sehingga masyarakat mendapatkan wawasan yang lebih baik, dan dapat meningkatkan kecintaan terhadap tanah kelahirannya yang semakin berkembang pesat.

Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Christina Agustina mengapresiasi langkah pemprov dalam peningkatan kualitas SDM di bidang Koperasi dan UMKM.

"Kehadiran Gubernur merupakan wujud nyata keberpihakan pemerintah daerah, khususnya Babel terhadap peningkatan SDM di Babel. Ini wujud bersama-sama pemerintah daerah dan dinas Koperasi untuk mengembangkan manusia-manusia UMKM dan Koperasi  untuk lebih baik lagi," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019