Muntok, Babel (Antaranews Babel) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan sejumlah instansi menggelar kegiatan bersih Pantai Asmara Muntok agar lebih nyaman dikunjungi wisatawan.

"Kegiatan bersama ini kami harapkan mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan kepariwisataan daerah sekaligus meningkatkan kepedulian personel terhadap kelestarian lingkungan di sekitarnya," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto di Muntok, Kamis.

Kegiatan yang digelar Kamis mulai pagi hingga siang hari tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diinisiasi Polres Bangka Barat bersama instansi di lingkungan pemkab setempat, antara lain Satpol PP, BLHD, petugas pemadam kebakaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, unsur TNI dan wara yang tinggal di sekitar objek wisata tersebut.

"Kami harapkan melalui kegiatan ini terjadi sinergisitas antarinstansi dan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan pantai," katanya.

Selain membersihkan sampah, diharapkan masyarakat juga mulai melakukan pengelolaan sampah menjadikan bahan yang bisa bernilai tambah.
Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Kapolres dan sejumlah pejabat di daerah itu terlibat aktif dalam kerja bakti bersih sampah di Pantai Asmara Muntok, Kamis (21/2). (Babel.antaranews.com/Donatus DP)


Ia mengatakan, Indonesia adalah penyumbang sampah plastik nomor dua di dunia setelah Tiongkok, sehingga butuh kesadaran bersama untuk memulai pembatasan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Kapolres mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah plastik sembarangan, apalagi ke laut karena akan menyebabkan ekosistem dan populasi ikan terganggu.

Dengan adanya momentum kebersamaan tersebut seluruh personel Polres Bangka Barat semakin dekat dengan warga yang akan memudahkan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengayomi dan melayani masyarakat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019