BMKG Pangkalpinang menyatakan ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung diprakirakan dapat mencapai dua meter lebih pada Sabtu (16/3).

"Ketinggian pasang air laut di Membalong dapat mencapai 2,51 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi di Pangkalpinang, Jumat.

Selain di Membalong, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,44 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,25 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 2,04 meter.

Sementara itu ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,81 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,75 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,69 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dinilai dapat membahayakan keselamatan karenanya warga atau wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Slamet.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar 0,25 sampai 1,25 meter dan relatif aman.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, dan Selat Karimata antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Utara Bangka sekitar antara 0,5 sampai 1,25 meter.

"Namun kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

Di sisi lain, BMKG juga mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir "cumulonimbus" yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung antara 7 hingga 37 Km per jam yang bergerak dari Barat Laut ke Timur Laut dan dari Barat ke Utara.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu diprakirakan cerah, cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada pagi dan siang hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada siang sampai sore, malam dan dini hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur terutama pada pagi dan siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 22-33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019