Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengecam keras aksi penembakan jemaah yang sedang melaksanakan Sholat Jumat di dua masjid di Selandia Baru.

"Aksi penembakan yang menewaskan 40 orang dan 20 orang lebih jemaah luka parah ini merupakan perbuatan yang sangat biadab, untuk itu secara pribadi saya sangat mengecam perbuatan tersebut," kata Riza di Tobaoli, Sabtu.

Menurut dia, aksi ini harus mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah Selandia Baru karena ini merupakan tragedi kemanusian yang tidak bisa dibiarkan begitu saja.

"Saya dan masyarakat Bangka Belitung berdoa semoga para korban yg meninggal khusnul khotimah, karena mereka di dalam masjid melakukan ibadah Sholat Jumat dan kami juga mengharapkan pelaku dapat di hukum seberat beratnya, bila perlu di hukum mati," ujarnya.

Menurut dia pembunuhan oleh seorang pria bersenjata itu dilakukan saat sholat Jumat berlangsung di Kota Christchurch. Itu merupakan penembakan massal terburuk dan dikutuk oleh masyarakat dunia.

"Kami harap motif pelaku melakukan tindakan brutalnya ini segera terungkap karena ini sudah meresahkan seluruh dunia, terutama umat muslim," katanya.

Ia berharap kejadian seperti ini tidak akan terjadi di republik ini khususnya Kabupaten Bangka Selatan, untuk itu dirinya mengajak masyarakat untuk menjunjung tinggi toleransi dan saling menghormati.

"Jangan sampailah terjadi di sini, apalagi kita di Babel, khususnya di Bangka Selatan sangat menjunjung tinggi toleransi dan saling menghormati sesama umat beragama," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019