Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendata baru satu desa di daerah itu yang mengikuti pelatihan dan pembinaan sumber daya manusia (SDM) nya sejak dilaksanakan tahun 2018 lalu.

"Kami data baru satu desa yang mengirimkan staf pemerintah desa untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan SDM sejak dimulai tahun lalu, yakni Desa Deniang," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Kabupaten Bangka, Suryani di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, pembinaan dan pelatihan bagi staf pemerintah desa ini berkaitan dengan semua hal yang dibutuhkan terkait literasi informasi dan komunikasi publik, supaya SDM di tingkat desa dapat lebih berkembang dalam menyampaikan semua kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa ke masyarakat.

Menurutnya, pelatihan ini tidak dipungut biaya dan tidak ada biaya yang disiapkan pemerintah, sehingga Bidang IKP Diskominfotik Kabupaten Bangka terus berupaya mengajak semua desa dapat mengikuti pelatihan dan pembinaan SDM tersebut.

"Kami sudah sosialisasi ke desa-desa dan setiap kesempatan yang ada, tapi masih minim desa yang mengirim stafnya kemari untuk belajar," katanya.

Pemerintah desa diharapkan bisa proaktif untuk memberikan pelatihan terkait semua hal yang diperlukan dalam pelaksanaan informasi dan komunikasi publik seperti update content di web, publik speaking, teknik penulisan, fotografi dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, pelatihan dan pembinaan ini tidak hanya diisi narasumber dari Diskominfotik Bangka tetapi juga dari Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komuknikasi se-Bangka Belitung yang memiliki kompetensi dibidangnya.

"Kedepan kami juga akan mengajak praktisi-praktisi media, agar dalam segala hal staf di desa bisa benar-benar memahami dan bisa memberikan informasi dan komunikasi publik yang baik ke masyarakat umum khususnya di desanya," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019