Rabu, 18 Oktober 2017

Pemprov Kepulauan Babel Apresiasi Kegiatan Sepekan Pancasila PT Timah

id seminar pancasila
Pemprov Kepulauan Babel Apresiasi Kegiatan Sepekan Pancasila PT Timah
Suasana seminar "Saya Indonesia Saya Pancasila" dalam rangkaian kegiatan Sepekan Pancasila yang digelar PT Timah di Pangkalpinang, Selasa (6/6). (antarababel.com/Aprionis)
Kita harus mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara ini. Sebenarnya kita harus takjub dan memahami konsep dan nilai-nilai Pancasila secara konkrit yang diterjemahkan dalam kehidupan sehari-hari,
Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi seminar "Saya Indonesia Saya Pancasila" dalam rangkaian kegiatan Sepekan Pancasila yang digelar PT Timah (Persero) Tbk karena dapat meningkatkan pemahaman generasi muda akan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Saat ini nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan generasi muda sudah mulai tergerus," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Babel, Tarmin ketika menjadi narasumber itu di Pangkalpinang, Selasa.

Seminar itu sendiri digelar sesuai imbauan Kementrian BUMN dan diikuti 300 perserta dari berbagai organisasi masyarakat, mahasiswa dan pejabat pemerintah daerah, TNI/Polri, serta karyawan BUMN di provinsi itu.

Tarmin mengatakan seminar "Saya Indonesia Saya Pancasila" itu sangat penting. "Seakan kita kembali tersadar begitu penting Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sudah saatnya kita kembali mengimplementasikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Hukum Polda Kepulauan Babel, Kombes Pol Zaidan mengatakan Pancasila merupakan harga mati dan wajib dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita harus mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara ini. Sebenarnya kita harus takjub dan memahami konsep dan nilai-nilai Pancasila secara konkrit yang diterjemahkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Menurut dia seminar ini akan menambah pengetahuan yang sistimatis, logis dan universal serta tidak bertentangan dengan kehidupan bermasyarakat yang adil dan merata.

"Tidak ada nilai-nilai Pancasila yang bertentangan dengan agama, justru Pancasila menginginkan kita menjadi masyarakat agamais yang bertaqwa dan taat sesuai agama masing-masing dengan mengutama toleransi," ujarnya.

Kabid Humas PT Timah, Renny Hutagalung mengatakan kegiatan ini salah satu dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan perusahaan dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

"Alhamdulillah rangkaian kegiatan Sepekan Pancasila yang telah digelar sejak Kamis (1/6) pekan lalu berjalan dengan baik dan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan generasi muda dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya. 

Editor: Riza Mulyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga