Serang (ANTARA) - Pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dari Rahmat Hernowo kepada penggantinya Erwin Soeriadimadja dilangsungkan di Kantor BI Serang, Jumat (9/8) disaksikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo.

Pelantikan pejabat tersebut sudah dilakukan di Jakarta pada 11 Juli 2019. Rahmat Hernowo selanjutnya menjabat Kepala Departemen Gerbang Pembayaran Nasional (DGPN) di BI Pusat, dan Erwin sebelumnya menjabat Kepala Grup Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola.

Pada acara pengukuhan yang juga dihadiri Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim dan Forkompinda Provinsi Banten itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia berharap Erwin Soeriadimadja dapat menjalankan amanahnya dengan baik, serta mampu menguatkan koordinasi dan sinergi yang telah terjalin dengan stakeholder utama Bank Indonesia di Wilayah Banten.

Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim juga berharap jalinan kerja sama dan sinergi yang telah terjalin baik antara Pemerintah Daerah Provinsi Banten dan Bank Indonesia dapat terus dioptimalkan khususnya dalam rangka mendorong perekonomian dan kesejahteraan di Provinsi Banten.

Masih dalam rangkaian acara yang sama, Dodi Budi Waluyo melakukan dialog khusus dengan pelaku dunia usaha dan unsur perbankan. Tercatat lebih dari 50 orang pimpinan perusahaan dan perbankan di wilayah Provinsi Banten hadir dalam acara dialog khusus tersebut.

Adapun isi dialog yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah terkait kebijakan Bank Indonesia terbaru dan juga kondisi ekonomi global serta domestik terkini.

Dodi menjelaskan bahwa tantangan perekonomian domestik masih cukup besar mengingat ketidakpastian ekonomi global yang masih menaungi.

"Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok juga patut menjadi perhatian dalam proses pengambilan kebijakan dalam beberapa tahun kedepan," katanya.

Dodi juga kembali mengingatkan kepada segenap pimpinan perusahaan dan perbankan untuk bersama-sama turut serta dalam mengurangi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Usai pengukuhan, serangkaian acara dilanjutkan dengan berkunjung ke kawasan Kesultanan Banten Lama dengan ditemani Wali kota Serang Syafrudin.

Bank Indonesia tahun ini telah menyiapkan dana bantuan sebesar Rp475 juta untuk membantu pemerintah daerah dalam pengembangan kawasan Kesultanan Banten Lama. Secara detail, bantuan yang diberikan akan disalurkan dalam bentuk community development yaitu pengembangan kompetensi masyarakat dalam hal wisata dan UMKM pendukung wisata.

Baca juga: BI Banten dan enam bank permudah penjualan kartu uang elektronik
Baca juga: BI resmikan gedung baru Kpw Banten

Pewarta: Ridwan Chaidir
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019