Gubernur Papua Barat serahkan 63 hewan kurban

Gubernur Papua Barat serahkan 63 hewan kurban

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat menyerahkan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo di Manokwari pada Jumat (9/8/2019). (Antara/Toyib)

Manokwari (ANTARA) - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, Jumat, menyerahkan 63 sapi kurban yang akan disebar ke sejumlah kabupaten/kota di daerah tersebut.

Dari 63 hewan yang akan dipotong pada hari Raya Idul Adha 1440 hijriah ini, 22 ekor diantaranya merupakan bantuan pribadi Dominggus selaku Kepala Suku Besar Arfak. dan 41 ekor lainnya bantuan Pemprov Papua Barat.

Secara terinci, 63 ekor sapi akan diberikan untuk umat Muslim di Kabupaten Manokwari sebanyak 23 ekor, Manokwari Selatan 4 ekor, Kaimana 4 ekor, teluk wondama 4 ekor, Fakfak 4 ekor, Bintuni 4 ekor, Sorong Selatan 4 ekor, Kabupaten Sorong 4 ekor, Kota Sorong 6 ekor, Raja Ampat 4 ekor, dan Tambrauw 2 ekor.

Gubernur melakukan penyerahan hewan kurban itu kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manokwari, termasuk menyerahkan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk seluruh umat Muslim yang akan merayakan hari raya," kata Gubernur pada penyerahan hewan kurban di Manokwari, Jumat.

Ia juga berharap Kurban yang diserahkan kepada PHBI dapat dibagikan kepada umat atau diserahkan melalui masjid-masjid yang membutuhkan.

Pada kesempatan itu ia mengajak seluruh umat Muslim menjaga persatuan dan kesatuan menjelang pelaksanaan Idul Adha.  

"Mari kita jaga, karena persatuan dan kesatuan adalah modal pembangunan. Selain itu juga untuk mempertahankan keutuhan bangsa dan negara dalam bingkai NKRI, terlebih khusus menjaga Papua Barat yang aman sejahtera," ujar Gubernur lagi.

Ketua PHBI Manokwari, H Abdul Rochim, mengutarakan bantuan hewan kurban dari Presiden, Gubernur dan Pemprov Papua Barat sangat membantu umat Muslim di Manokwari. Hingga saat ini sudah banyak surat yang diterima oleh PHBI dari beberapa masjid berupa permohonan hewan kurban.

 
Pewarta : Toyiban
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019