Saya mengimbau saja, kalau boleh pembagian daging kurban tidak dengan kantong plastik,
Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengimbau agar pembagian daging hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik tapi dikemas dengan besek bambu atau daun jati supaya ramah lingkungan.

"Saya mengimbau saja, kalau boleh pembagian daging kurban tidak dengan kantong plastik," kata Gubernur Emil saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu.

Dia mengatakan, sejauh ini belum ditemukan masalah kesehatan pada hewan kurban. Artinya, kata dia, Idul Adha 1440 Hijriah/2019 berjalan dengan baik.

Pihak Masjid Raya Jabar akan menyembelih 10 sapi dan 12 kambing. Dua sapi di antaranya merupakan hewan kurban Emil dan Presiden Joko Widodo.

Berat sapi kurban Emil mencapai 652 kilogram, sedangkan berat sapi milik Presiden Jokowi mencapai 950 kilogram. Nantinya, daging hewan kurban tersebut akan di kemas dengan besek bambu.

"Ini menandakan kita ingin berbagi di momen Idul Kurban kepada masyarakat Jawa Barat. Tidak hanya dibagikan kepada para mustahik di daerah sekitar masjid, atau kota Bandung saja, tapi juga ke pelosok- pelosok," kata Emil.

Gubernur Emil berharap Idul Adha dapat menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan semangat pengorbanan.

Selain itu, berdasarkan laporan yang dia terima, jumlah orang yang berkurban di Jabar terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat di Jabar meningkat.

Baca juga: Daging kurban Masjid Al Azhar disalurkan ke desa hingga Papua
Baca juga: Haedar Nasir minta para elit politik "berkurban" untuk masyarakat



 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019