Medan (ANTARA) - Khatib Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka Medan Dr H.M.Syukri Albani Nasution,MA, mengatakan Idul Adha dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan keluarga, dan merenung sejenak betapa banyak makna, serta hikmah yang terkandung di dalamnya.

"Dengan hati yang ikhlas, penuh tawadhuk, mari kita gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa," kata Syukri, dalam ceramahnya pada Shalat Idhul Adha 1440 H/2019 M, di Medan, Minggu.

Hendaknya, menurut dia, terus berusaha meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan. Banyak belajar menggali ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu akhirat.

"Ada pepatah mengatakan semakin dekat kita kepada sumber mata air, semakin murni air yang kita minum," ujarnya.

Ia mengatakan, kemarin tanggal 9 Zulhijjah, jutaan jamaah haji dari belahan dunia, termasuk Indonesia. Bahkan ada pula saudara, tetangga hadir di sana, memenuhi panggilan- Mu Ya Robb.

Mereka hadir di Padang Arafah untuk menunaikan ibadah wukuf, sebagai puncak ibadah haji.Mereka mengenakan pakaian ihrom.Mereka berkumpul di satu titik yakni Padang Arafah.

"Tanpa membedakan pangkat, jabatan, suku, bangsa, bahasa dan warna kulit.Jutaan jamaah haji sujud dan bersimpuh di Arafah, sujud di depan Baitullah. Mereka beristighfar, berdoa memohon ampun kepada - Mu Ya Allah," ucap Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan.

Syukri menyebutkan Kalimat Talbiyah membahana, sahut-sahutan.Mereka ucapkan dengan penuh ikhlas dan curahan air mata.Ingat kedua orang tuanya yang telah tiada.Ingat keluarga yang ditinggal di tanah air.Ingat betapa banyaknya tumpukan -tumpukan dosa dan ingat bayangan-bayangan yaumil mahsar.

Arafah menjadi lautan manusia. Padang Arafah banjir air mata oleh jutaan umat manusia.

"Tujuan mereka pun satu, yaitu mengharap ridho Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur," kata Wakil Dekan III Fakultas Syari'ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

Imam pada Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka Medan, Fikri Munawwar (Qori Sumatera Utara).

Hadir pada Shalat Idul Adha, Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, Wali kota Medan HT.Dzulmi Eldin, dan Wakil Wali kota Medan Akhyar Nasution.
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019