Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 33 orang yang mengendarai 12 mobil keluaran tahun 80-an bakal menjelajah wilayah Borneo, yaitu Kalimantan, Malaysia dan Brunei Darusalam dalam kegiatan Touring Kemerdekaan 2019 dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI.

Kegiatan perjalanan melintas batas tiga negara yang dilepas oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor di Banjarmasin tersebut, bakal melintasi rute dari Banjarmasin, Palangkaraya, Sampit dan Lamadau.

Kemudian berlanjut ke Tayan, Entikong, Serawak, Brunei dan Sabah, dengan jarak tempuh sekitar 1.500 kilometer.

Diperkirakan, seluruh kru akan menempuh perjalanan tersebut hingga 12 hari perjalanan.
Gubernur Kalsel melepas tim Touring Kemerdekaan 2019 dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI, Senin (12/8) 2019 (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berharap, melalui kegiatan tersebut, akan memperkuat rasa kebersamaan, gotong royong dan tercipta komunikasi yang baik antarnegara.

"Saya harap melalui perjalanan tersebut, akan menunjukkan bahwa warga Indonesia senang untuk bersilaturahmi dan saling mengunjungi, sehingga diharapkan, mereka pun senang berkunjung ke negara kita," katanya.

Para peserta yang berasal dari Bali, Semarang, Bandung dan Banjarmasin tersebut, direncanakan akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2019 di perbatasan Indonesia --Malaysia.

Para kru dan driver, akan melaksanakan upacara bendera Kemerdekaan ke 74 RI di wilayah tersebut.

Baca juga: Sea World targetkan 8000 pengunjung pada HUT Kemerdekaan RI ke-74

Baca juga: Omzet penjual bendera dan umbul-umbul ini bisa capai Rp4 juta sehari

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019