Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-16 Indonesia menaklukkan tuan rumah Myanmar dengan skor 2-0 di laga perdana Turnamen Boys Elite Football 2019 di Stadion Mandalarthiri, Mandalay, Myanmar, Rabu.

Dikutip dari tim media PSSI di Jakarta, Rabu, dua gol Indonesia dicetak oleh Ahmad Athallah Araihan (30') dan Diandra Diaz (59').

Kemenangan itu menjadi modal bagus Indonesia untuk menghadapi laga kedua melawan Montenegro, Jumat (16/9).

Montenegro sendiri kalah dengan skor 4-0 dari Korea Selatan di laga lain turnamen yang digelar di hari yang sama.

Dalam laga kontra Myanmar, Indonesia tampil menyerang sejak menit pertama meski turun tanpa pemain-pemain andalan sejak Piala AFF U-15 2019 seperti Marselino Ferdinan dan Wahyu Agung.

Tekanan demi tekanan yang diberikan ke pertahanan Myanmar berbuah gol untuk anak-anak asuh pelatih Bima Sakti di menit ke-30.

Berawal dari gebrakan di sisi kiri pertahanan Myanmar, sang kapten tim Ahmad Attalah yang mendapatkan bola hasil umpan silang berhasil menendang masuk bola ke gawang yang dikawal Aung Kyaw Phyo.

Skor 1-0 membuat permainan semakin hidup dengan percobaan-percobaan kedua tim, tetapi kedudukan bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, permainan relatif belum berubah. Myanmar yang mengandalkan serangan balik belum berhasil menembus pertahanan disiplin Indonesia.

Justru Indonesia yang menggandakan keunggulan, kali ini via sundulan Diandra Diaz Dewari di menit ke-59.

Diandra yang berhasil mendapatkan ruang bebas melesakkan bola hasil umpan silang Muhammad Valeroen ke gawang Myanmar.

Setelah itu, tidak ada gol lain tercipta. Indonesia pun menang dengan skor 2-0.

Turnamen Boys Elite Football 2019 diikuti oleh empat tim yaitu Indonesia, Myanmar, Montenegro dan Korea Selatan. Kompetisi ini berlangsung dengan sistem 'round robin'.

Baca juga: Turnamen empat negara di Myanmar matangkan kerangka timnas U-15
Baca juga: Bima Sakti puji kedewasaan pemain timnas U-16

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019