Washington (ANTARA) - China tidak membuat konsesi perdagangan setelah Presiden AS Donald Trump menunda tarif 10 persen atas impor China senilai lebih dari 150 miliar dolar AS, kata seorang pejabat senior AS pada Rabu (Kamis WIB).

Ia menambahkan bahwa pembicaraan yang bertujuan menyelesaikan perang perdagangan akan terus berlanjut dan pasar harus sabar.

"Ini bukan quid pro quo," kata Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross kepada televisi CNBC dalam sebuah wawancara, menggunakan frasa Latin yang berarti bantuan dipertukarkan dengan bantuan.

Trump pada Selasa (13/8/2019) membatalkan batas waktu 1 September untuk pemberlakuan tarif pada ribuan impor China, termasuk produk teknologi, pakaian dan alas kaki. Pejabat AS dan China juga mengumumkan diskusi perdagangan baru.

Kedua perkembangan itu menarik perhatian pasar saham saat dua ekonomi terbesar dunia memasuki tahun kedua dari perselisihan perdagangan mereka.

Penundaan tarif Trump bertepatan dengan kekhawatiran resesi di pasar AS yang mengirim saham-saham ke kerugian satu hari terbesar mereka sejak Oktober. Kurva imbal hasil surat utang pemerintah AS terbalik untuk pertama kalinya sejak 2007 - sinyal kemungkinan resesi - setelah pertumbuhan produksi industri China mencapai level terendah 17 tahun pada Juli dan Jerman melaporkan kontraksi kuartal kedua dalam produk domestik bruto (PDB).

Indeks Dow Jones Industrial Average dan Komposit Nasdaq keduanya jatuh tiga persen, sedangkan Standard dan Poor's 500 yang lebih luas kehilangan 2,9 persen.

Penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro, dalam wawancara terpisah di Fox Business Network, mengatakan keputusan untuk menunda tarif tambahan dibuat untuk membatasi rasa sakit pada perusahaan-perusahaan AS, yang sudah memiliki kontrak membeli barang-barang China untuk musim penjualan liburan dan tidak memiliki cara untuk menghindari biaya kepada konsumen.

Trump pada Selasa (13/8/2019) menunda tarif untuk melindungi penjualan Natal dari tarif.

Chad Bown, seorang ekonom perdagangan dan rekan senior di Peterson Institute for International Economics, mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa tidak ada kabar baik dalam pengumuman tarif.

"Satu-satunya hiburan kecil datang dalam waktu mereka," tulis Bown. "Dengan menunda dua putaran berikutnya sampai lonjakan impor telah tiba untuk persediaan musim belanja liburan sekolah dan musim dingin tahun ini, Presiden Trump mungkin akan datang, meskipun terlambat, ke bukti ekonomi tentang biaya perang perdagangannya."

Mencari konsesi dari China dengan imbalan tarif yang tertunda adalah "cara yang benar-benar salah untuk melihatnya," kata Navarro.

"Seluruh premis dari apa yang kami coba lakukan adalah rasa sakit pada mereka, bukan rasa sakit pada kami," kata Navarro. “Jika kita hanya menetapkan tarif pada 1 September, itu akan lebih menyakitkan bagi kita, daripada menyakitkan pada mereka. Itu konyol sekali. "

Navarro menolak untuk mengatakan apa yang ingin dicapai oleh negosiator AS dalam pembicaraan dengan pejabat China sebelum tarif diberlakukan. Pembicaraan melalui saluran telepon lainnya dijadwalkan antara kedua belah pihak akhir bulan ini.

"Negosiasi ini akan terjadi secara tertutup," kata Navarro. "Orang-orang hanya perlu bersabar."

Ross mengatakan pada CNBC bahwa masih terlalu dini untuk menilai di mana pembicaraan perdagangan AS-China. Tanggal belum ditetapkan untuk putaran lain dari diskusi tatap muka, kata Ross.

Penundaan tarif berlaku untuk sekitar 201 miliar dolar AS impor 2018 dari Cina, menurut analisis Reuters dari daftar tarif yang direvisi. Kategori terbesar termasuk ponsel, laptop, komputer tablet, dan mainan.

Selain itu, kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan pihaknya memberikan penangguhan hukuman permanen dari tarif untuk sekitar 25 kategori impor dari China, termasuk Alkitab dan teks-teks agama, kursi keselamatan anak, wadah pengiriman dan crane yang digunakan di pelabuhan dan konstruksi bersama dengan beberapa jenis produk ikan.

Editor surat kabar Global Times yang dikelola China mengatakan, China akan membutuhkan penghapusan semua tarif tambahan AS untuk mencapai kesepakatan, bukan hanya menunda mereka.

Hu Xijin juga meragukan dalam pesan Twitter bahwa China akan menindaklanjuti dengan pembelian signifikan barang-barang pertanian AS seperti yang diminta oleh Trump.

"Sejauh yang saya tahu, pihak China meminta agar kedua belah pihak menghormati konsensus yang dicapai di KTT Osaka, yang menghapus semua tarif tambahan, tidak menunda beberapa. Saya ragu pihak China akan melanjutkan pembelian produk-produk pertanian AS dalam skala besar dalam situasi saat ini, ” cuit Hu.

Baca juga: Trump tolak "deadline" pengenaan tarif impor barang China
Baca juga: China pertimbangkan batalkan pembicaraan perdagangan dengan AS
Baca juga: Peritel AS terpukul tarif impor China, naikkan harga lebih lanjut

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019