Bandarlampung (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk KA lokal/komuter PSO (subsidi) dan perintis dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Promo ini merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Kepala PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Sulthon Hasanudin di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, program tiket gratis ini dapat digunakan pada Sabtu 17 Agustus 2019.

Baca juga: Daop Surabaya siapkan tiket gratis sambut HUT RI, ini cara dapatkannya

Selain itu, pada Divre IV terdapat dua kereta yang akan menggratiskan tiket penumpang, yaitu KA Seminung jurusan Kotabumi-Tanjungkarang (PP) dan KA Way Umpu Kotabumi-Tanjungkarang (PP).

“Program ini untuk memberikan semangat serta ajakan masyarakat untuk beralih ke moda transportasi kereta,” katanya

Sulthon menjelaskan, walaupun diberikan secara gratis, para calon penumpang KA tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Baca juga: Jawa Barat gelar wisata sejarah jalur kereta api, khusus turis asing

Kuota tiket gratis ini tersedia sebanyak 432 tempat duduk untuk KA Seminung dan Way Umpu.

Sementara untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA. Syaratnya penumpang harus menunjukkan tiket / boarding pass / e-boarding pass ke petugas di stasiun.

Baca juga: Daop Surabaya siapkan 3 kereta tambahan antisipasi libur Idul Adha

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo Rp0 ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi masyarakat,” katanya
 

Pewarta: Hisar Sitanggang/ Emir Fajar Saputra 
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019