Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang mengatakan liberalisasi dan paham radikal merupakan tantangan berat bagi negara Republik Indonesia di era globalisasi karena telah mengaburkan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Atas nama kebebasan dan demokrasi, dua paham tersebut telah masuk ke masyarakat dengan mempertentangkan antara Pancasila dan Agama, kata Oesman Sapta Odang dalam sambutannya pada sidang bersama DPR dan DPD di Jakarta, Jumat.

"Pancasila sebagai solusi bijak yang telah menjadi konsensus final kita dalam bernegara telah dikaburkan oleh mereka. Sungguh ini merupakan tantangan besar buat kita semua," katanya.

Baca juga: DPD dukung pembangunan PLTN di Kalimantan Barat
Baca juga: DPD RI komit dukung rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan


Sungguh ini merupakan tantangan besar buat kita semua. Jika kita lengah, tidak mustahil Indonesia akan tereduksi. Namun kita harus selalu optimis.

Pancasila sebagai filsafat dalam bernegara harus terimplementasi secara terstruktur, sistematis, dan massif di semua lapisan masyarakat. Mulai dari kalangan elit hingga masyarakat yang bersandal jepit. Mulai dari anak-anak dan remaja, hingga kalangan yang sudah dewasa, katanya.

Selain itu pembangunan karakter bangsa harus menjadi bagian dalam upaya peningkatan sumber daya manusia di Indonesia.

“Dunia pendidikan kita harus selalu melahirkan generasi yang berjiwa Indonesia, berjiwa Pancasila,” katanya.

Ia mengingatkan pesan dari Bung Karno yang mengatakan, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Pesan itu juga mengingatkan tujuan dari pendiri bangsa, yakni Indonesia dibangun oleh satu untuk semua, semua untuk satu dan semua untuk semua.

Oso juga mengajak untuk mensyukuri, menjaga serta mengembangkan keberagaman itu.

“Mari kita syukuri keberagaman ini, mari kita jaga dan lestarikan keberagaman ini, mari kita kembangkan semua potensi ini,” kata dia.

Baca juga: Partisipasi pemilih tinggi, DPD RI apresiasi pemilu serentak

Pewarta: Nova Wahyudi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2019