PAN dukung Jokowi terkait menteri muda

PAN dukung Jokowi terkait menteri muda

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno saat ditemui di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). ANTARA/AstridFaidlatulHabibah

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan pihaknya mendukung rencana Joko Widodo terkait adanya generasi muda dalam mengisi kursi menteri pada kabinet baru.

“Dengan adanya usia menteri 25 tahun usia muda itu proporsional,” katanya saat ditemui di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat.

Menurutnya, adanya menteri muda akan memberikan angin segar terhadap pemerintahan mendatang sebab mereka memiliki kriteria yang berbeda yaitu sangat berenergi, mampu bergerak cepat, lincah, profesional, dan lebih disiplin.

Baca juga: Menteri muda dinilai lebih baik berasal dari profesional

“Saya pikir apa yang ingin dihadirkan oleh Presiden di dalam kabinet yang akan datang merupakan angin segar,” ujarnya.

Ia menuturkan, inovasi terhadap komposisi kursi menteri tersebut harus disambut baik dan diapresiasi sebab hal itu merupakan salah satu langkah dalam membentuk barisan yang siap menghadapi tantangan ke depan.

“Saya pikir perlu kita hargai, apresiasi, bagaimanapun juga Presiden paling mengetahui, siapa kabinet yang akan membantu bekerja bersama beliau untuk menghadapi tantangan besar, lima tahun mendatang,” katanya.

Eddy berharap calon menteri-menteri pilihan Jokowi bisa membawa perubahan serta berkontribusi dalam memajukan bangsa dari segala bidang karena menteri baru di kabinet Jokowi adalah harapan masyarakat Indonesia

“Itu adalah bentuk dari komposisi untuk hadapi tantangan ke depan karena memang kita tidak hanya bicara tantangan perekonomian, tantangan teknologi,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan rancangan kabinet untuk periode kedua pemerintahannya yaitu terdiri dari 45 persen partai politik dan 55 persen profesional. Ia pun mengatakan bahwa sejumlah anak muda akan masuk jajaran menterinya.

“Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun,” ujar Jokowi.

Baca juga: Analis politik apresiasi pernyataan Megawati soal menteri muda
Baca juga: Soal menteri muda, dinilai hanya Jokowi dan Tuhan yang tahu
Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019