Pemuda Tolinggula kenakan sarung peringati HUT Kemerdekaan RI

Pemuda Tolinggula kenakan sarung peringati HUT Kemerdekaan RI

Pemuda Ansor dan Karang Taruna Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara mengenakan sarung ikuti upacara peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di wilayah perbatasan antara Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah. (ANTARA/Dok. Sadam Salihi)

Gorontalo (ANTARA) - Para pemuda di Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara pada wilayah perbatasan antara Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah, mengenakan sarung hadir memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu.

"Kami sengaja mengenakan sarung untuk mempertahankan tradisi Nahdlatul Ulama (NU)," ujar Sadam Salihi, pengurus Gerakan Pemuda Ansor di Kecamatan Tolinggula.

Tidak hanya mereka yang tergabung dalam organisasi Badan Otonom NU yang mengenakan sarung, namun pengurus Karang Taruna kecamatan pun melakukan hal yang sama.
Baca juga: BUMN gelar upacara HUT RI di Benteng Otanaha Gorontalo

Sarung sangat lekat dengan pemuda Indonesia, bahkan tradisi ini masih lekat di seluruh kalangan baik tua maupun muda.

"Untuk lebih melekatkannya pada kaum muda milenial, kami sengaja mengenakannya dengan rasa bangga," ujar Sadam.

Ia berharap, keunikan tersebut mampu mengajak pemuda lainnya untuk menjaga tradisi bangsa.
Baca juga: Ratusan warga Gorontalo ramaikan gerak jalan unik

Usai mengikuti upacara dipusatkan di lapangan kecamatan, para pemuda Ansor dan organisasi kepemudaan lainnya, bersatu mendokumentasikan kebersamaan mereka memperingati HUT Kemerdekaan RI di wilayah perbatasan paling barat itu.
Pewarta : Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019