Brasilia (ANTARA) - Pesawat tempur Brazil turut membantu proses pemadaman kebakaran hutan di negara bagian Rondonia, Amazon, menanggapi kemarahan global atas rusaknya hutan hujan tropis terbesar di dunia tersebut, menurut video pemerintah.

Presiden Jair Bolsonaro telah menginstruksikan operasi militer di tujuh negara bagian sejak Minggu agar memadamkan kebakaran dahsyat di Amazon, merespons permintaan bantuan dari para gubernur setempat mereka, kata juru bicara kantornya.

Video yang diunggah oleh Kementerian Pertahanan pada Sabtu malam menunjukan pesawat militer memompa ribuan liter (ribuan galon) air dari dua jet raksasa yang melintasi asap tebal.

Aksi tersebut muncul saat para pemimpin negara Kelompok Tujuh (G7), yang saat ini menggelar pertemuan di Prancis menyuarakan kekhawatiran mendalam soal kebakaran tersebut.

Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Minggu mengatakan G7 hampir mencapai kesepakatan untuk memberikan "bantuan teknik dan finansial" kepada negara-negara yang terkena dampak kebakaran Amazon.

Hampir 80.000 kebakaran telah tercatat di seluruh Brazil hingga 24 Agustus, yang tertinggi sejak setidaknya 2013, menurut badan penelitian INPE.

Bolsonaro mengumumkan militer akan diterjunkan pada Jumat setelah beberapa hari pihaknya dihujani kritikan dari masyarakat dan pemimpin dunia bahwa pemerintah Brazil tidak melakukan apapun untuk memadamkan kebakaran.

Sumber: Reuters
Baca juga: Wali kota Paris ikut kecam pembakaran hutan Amazon
Baca juga: Presiden Brazil: Tentara akan bantu padamkan kebakaran Amazon
Baca juga: Kebakaran hutan Amazon dikhawatirkan picu lonjakan emisi karbon global

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019