Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan penghargaan kepada sejumlah pemain e-sports yang mengharumkan nama Indonesia pada berbagai kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Penghargaan berupa piagam dan plakat ini diberikan secara langsung oleh Rudiantara kepada tiga pemain esports, yakni juara kedua Toyota Master CS GO Kevin Susanto, juara kompetisi Play Station se-Asia Tenggara Rizky Faidan dan juara pertama Patriot Championship (kejuaraan khusus penyandang disabilitas) Angga Tribuana Putra.

“Semoga ekosistem-ekosistem video game online yang ada di Indonesia bisa sukses terus di tahun-tahun mendatang. Harumkan terus nama Indonesia,” kata Rudiantara dalam acara pemberian penghargaan kepada sejumlah pemain esports di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, perkembangan video gim di Indonesia saat ini begitu pesat, terlebih ketika ditunjang oleh pembangunan sarana infrastruktur teknologi informasi dan teknologi (TIK), sehingga jaringan internet semakin mudah diakses masyarakat.

Baca juga: Kominfo siapkan insfrastruktur kembangkan e-Sports di daerah

“Jenis permainan atau video gim yang dimainkan orang-orang itu ada dua macam, yaitu jenis console dan gim online atau daring yang diakses melalui jaringan internet. Saat ini, jaringan 4G ada dimana-mana, video gim pun terus berkembang,” ujar Rudi.

Untuk mendukung perkembangan e-sports di tanah air, dia menegaskan pemerintah bertekad memfasilitasinya agar bisa terus maju, berkembang dan berprestasi sehingga tidak kalah dari negara-negara lain.

“Kalau e-sports terus berprestasi, maka kedepannya bisa memberikan kesempatan kepada anak-anak muda Indonesia untuk berwirausaha, yakni dengan menciptakan aplikasi-aplikasi baru. Selain itu juga sekaligus membuka profesi baru, yaitu pemain e-sports, pembuat konten dan lain-lain,” ungkap Rudi.

Selain tiga pemain e-sports, piagam dan plakat penghargaan itu juga diberikan kepada empat tim e-sports tanah air, yakni tim Belletron E-Sports, tim Bigetron E-Sports divisi PUBG Mobile, tim Dranix divisi Free Fire, dan tim ONIC divisi Mobile Legends.

Baca juga: Indonesia jadi prioritas e-Sports

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019