Tangerang (ANTARA) - Grup-grup K-pop yang sedang naik daun di Indonesia beberapa tahun terakhir, seperti Blackpink, BTS hingga EXO, memiliki basis penggemar usia muda dengan semangat menggebu-gebu.

Namun, suasana sedikit berbeda tampak di area konser “TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta” di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu. 

Duo beranggotakan Yunho dan Changmin itu sudah unjuk gigi dalam industri K-pop sejak 2003, lebih senior ketimbang Super Junior yang debut pada 2005, atau BIGBANG yang aktif sejak 2006.

Maka, bukan hal yang mengherankan jika sebagian besar penonton sudah cukup berumur, terdiri dari kalangan berusia 20-an dan 30-an yang mendengarkan TVXQ sejak mereka remaja. 

Baca juga: TVXQ ke Jakarta, antisipasi lima hal ini

Dalam pesan yang menempel di freebies, benda-benda gratis yang dibagikan komunitas penggemar untuk penonton, tersemat tulisan "Starter Pack for Granny Fandom". 

Tulisan itu merujuk pada usia rata-rata penyuka TVXQ, nama basis penggemarnya adalah Cassiopeia, relatif dewasa dibandingkan penggemar K-pop masa kini yang banyak didominasi remaja.

Tradisi memberi freebies banyak dipraktikkan di konser-konser K-pop belakangan ini. Barang yang diberikan bermacam-macam, biasanya bersangkutan dengan artis yang manggung. Tapi untuk para "Granny Fandom", benda-benda gratis yang diberikan meliputi permen, koyo dan obat herbal untuk masuk angin.

Pesan jenaka tertulis di stiker yang ditempel di setiap freebies: "Boleh teriak-teriak, boleh nge-dance, boleh lompat, tapi jangan berlebihan. Ingat umur."

Baca juga: Penggemar luar negeri juga datangi konser TVXQ Indonesia
 
Komunitas penggemar membagikan nasi bakar di “TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta”, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (31/8/2019) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Freebies itu dibagikan oleh komunitas TVXQ INA Project, gabungan dari lima komunitas penggemar TVXQ di Indonesia.

Komunitas tersebut juga membagikan barang-barang lain seperti stiker, pembatas buku, camilan hingga 500 nasi bakar beserta air mineral yang diberikan secara cuma-cuma.

"Kami sudah menyiapkan ini sejak kemarin," ujar Tania, bagian dari komunitas TVXQ INA Project, pada ANTARA.

"Ada yang dananya patungan, ada juga orang yang memang menyumbangkan," katanya.

Tania dan teman-temannya berkumpul di dekat pintu masuk konser, memasukkan nasi bakar ke dalam kertas cokelat, kemudian memberikannya pada sesama penggemar Yunho dan Changmin.

Baca juga: Serba serbi konser CIRCLE TVXQ

Komunitas itu juga berencana menggelar flashmob untuk meramaikan suasana di area konser.

“TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta” adalah konser perdana TVXQ di Indonesia dalam sejarah 16 tahun berkarir. Rangkaian konser "Circle — #welcome", diasosiasikan dengan album "New Chapter No. 1: The Chance of Love", sudah berlangsung sejak 5 Mei 2018 di Korea Selatan.

Itu adalah album studio ke-8 bagi duo TVXQ, sekaligus album penuh pertama semenjak mereka merampungkan wajib militer.

Sebelumnya, duo itu pernah ke hadir bersama musisi dari SM Entertainment dalam gelaran konser "SM Town Live World Tour III" pada September 2012. 

Baca juga: Jelang konser, Changmin TVXQ mampir ke Taman Mini Indonesia Indah

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019