85 anggota DPRD Lampung resmi menjabat

85 anggota DPRD Lampung resmi menjabat

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan selamat kepada anggota DPRD Lampung periode 2019-2024 di Gedung DPRD Lampung, Senin, (2/9/2019) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 85 anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2019-2024 resmi menjabat setelah mengucapkan sumpah atau janji yang dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Lampung, Ridwan Mansyur, di Gedung DPRD setempat, Senin.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah jabatan dan dilakukan penyematan lencana anggota DPRD Provinsi Lampung secara simbolis.

Baca juga: Ridwan Kamil ucapkan selamat kepada Anggota DPRD Jabar 2019-2024

Baca juga: 120 anggota DPRD Jatim 2019-2024 dilantik

Baca juga: Gubernur: Hujan berkahi pelantikan Anggota DPRD Pangkalpinang


Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam kesempatan itu mengajak seluruh anggota DPRD Provinsi Lampung Periode 2019-2024 untuk bersama-sama bergandengan tangan dan merapatkan barisan guna menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

“Saya dan Wakil Gubernur Lampung telah berkomitmen untuk mencapai visi Rakyat Lampung Berjaya dengan fokus pembangunan," katanya.

Visi diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan yang bersih, amanah, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kaum difabel, energi, pertanian, perdesaan, perkotaan, dan pembangunan berkelanjutan.

Karena itu, ia mengajak kepada semua anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2019-2024 untuk bersama-sama bergandengan tangan dan merapatkan barisan guna Lampung yang lebih aman, berbudaya, sejahtera, dan berdaya saing, serta mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

Ia mengatakan lebih lanjut, Rapat Paripuma DPRD Provinsi Lampung dengan agenda khusus pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Provinsi hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 ini, merupakan puncak dari seluruh rangkaian proses pelaksanaan Pemilihan Umum serentak untuk yang pertama kali dalam sejarah Indonesia dan perpolitikan nasional.

"Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Lampung yang telah menggunakan hak konstitusionalnya dalam pemungutan suara pada 17 April 2019. Saya juga menyampaikan terima kasih untuk seluruh jenjang KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara dan pengawas Pemilu, partai-partai politik beserta segenap partisipan calon anggota legislatif, serta unsur keamanan dari TNI / Polri, yang telah menjaga pelaksanaan pemilu dalam nuansa yang demokratis, lancar dan damai," jelas Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD sebagai wakil rakyat, setiap anggota DPRD dipundaknya terdapat tanggung jawab besar untuk memajukan daerah.

"DPRD memiliki pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap, semangat pengabdian, dan komitmen terhadap rakyat. Selanjutnya, di tangan saudara-saudara formulasi kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan. Artinya setiap anggota DPRD harus berpihak kepada rakyat melalui pembangunan daerah,” jelasnya.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya guna mewujudkan harapan rakyat tersebut, lanjut dia, tentunya anggota DPRD harus menguasai dan memahami berbagai permasalahan daerah.

Sehingga saat mereka berhadapan dengan pihak eksekutif membahas berbagai masalah pembangunan, jalan keluar dapat digagas secara bersama.

Ketua DPRD Provinsi Lampung Sementara, Mingrum Gumay mengajak seluruh anggota DPRD untuk bersatu padu dan melupakan perbedaan demi pembangunan Provinsi Lampung.

"Sebagai pengemban amanah rakyat, cita-cita akan tercapai bila kita tanamkan prinsip kebersamaan demi pembangunan masyarakat Lampung. Untuk itu, Saya mengajak kepada kita semua untuk meneruskan semangat juang secara bersama-sama, bergotong royong demi menjaga stabilitas dan lancarnya pembangunan dalam segala aspek untuk kepentingan masyarakat secara menyeluruh,” jelasnya.
Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019