UI-Idealab bangun pendidikan dan laboratorium kecerdasan buatan

UI-Idealab bangun pendidikan dan laboratorium kecerdasan buatan

Gedung rektorat UI. (Megapolitan.antaranews.com/Foto: Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan UMG Idealab Indonesia menjalin kerja sama dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat terkait artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan sains terapan.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. dan CEO UMG Idealab Indonesia Kiwi Aliwarga di Gedung Dekanat FMIPA UI Depok, Rabu.

Kerja sama ini akan menghasilkan Pusat Belajar dan Laboratorium yang diberi nama “AI Learning and Inovation Center", kata Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti di kampus UI Depok.

Pusat Belajar dan Laboratorium ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana penelitian oleh dosen, mahasiswa UI serta tidak terbatas pula bagi siswa dari jenjang SD, SMP, SMA di luar UI.

Dikatakannya saat ini teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah memegang peranan penting dalam pengembangan inovasi masa depan. AI dipercaya dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal.

AI adalah salah satu teknologi yang dapat mengubah sejarah manusia secara keseluruhan. Terutama tentang otomatisasi dan pengolahan data yang masif.

Setelah terjalinnya kerja sama dengan UI, selanjutnya diharapkan kerja sama dapat dilakukan baik skala nasional dan internasional di bidang artificial intelligence (AI) dan sains terapan menuju revolusi industri 4.0.

Baca juga: Pengurus ILUNI UI pusat tanda tangani kerjasama dengan Garuda
Baca juga: Kemen LH dan Kehutanan-UI kerja sama Litbang
Baca juga: Universitas Indonesia ingin jalin kerjasama dengan Twitter
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019