Australia di ambang perempat final, atasi Dominika 82-76

Australia di ambang perempat final, atasi Dominika 82-76

Pebasket tim nasional Australia Aron Baynes bergelayut di keranjang usai menghempaskan dunk dalam laga putaran kedua Piala Dunia FIBA 2019 Grup L melawan Republik Dominika di Nanjing, China, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA/AFP/Wang Zhao)

Jakarta (ANTARA) - Australia berada di ambang babak perempat final setelah sukses mengatasi Republik Dominika 82-76 dalam laga putaran kedua Piala Dunia FIBA 2019 Grup L di Nanjing, China, Sabtu.

Australia dipastikan lolos ke perempat final jika di laga lain Lithuania kalah melawan Prancis, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Australia, Prancis lengkapi delapan tim sempurna dalam putaran pertama

Salah satu sektor yang menjadi pembeda bagi Australia dalam kemenangan kali ini adalah lemparan bebas. Boomers, julukan Australia, sukses meraih 13 poin dari 15 kesempatan yang dimiliki, sedangkan Dominika hanya meraih 15 poin dari 23 lemparan bebas.

Padahal jika delapan lemparan bebas itu bisa dimanfaatkan menjadi poin, maka mereka akan memenangi pertandingan mengingat selisih kekalahan dari Australia hanya enam poin.

Laga berjalan ketat hingga paruh pertama berakhir dalam kedudukan 40-38 untuk keunggulan Australia. Kerja keras mereka pada kuarter ketiga hanya mampu menambah jarak keunggulan menjadi lima poin dalam skor 57-52.

Australia terus melejit dan agresif pada kuarter pamungkas dan tembakan tripoin Matthew Dellavedova pada sisa waktu satu menit 56 detik membuat mereka unggul cukup jauh 80-69.

Upaya Dominika mengejar tak cukup untuk menghindarkan kekalahan 76-80 kala bel tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: Dominika di ambang babak kedua usai tundukkan Jerman 70-68

Pemain gaek Patty Mills memimpin kemenangan Australia dengan 19 poin dan sembilan assist, diikuti 15 poin dari Chris Goulding serta 10 poin dan lima rebound Aron Baynes.

Sebaliknya bagi Dominika Eloy Vargas mengemas 16 poin dan tujuh rebound, Victor Liz 14 poin, Rigoberto Mendoza 12 poin dan Eulis Baez 10 poin.

Australia selanjutnya akan menghadapi Prancis pada laga terakhir putaran keduanya, Senin (9/9), sementara pada hari yang sama Dominika bertemu Lithuania.

Baca juga: Pelatih Spanyol berbangga bisa redam tembakan perimeter Italia

Baca juga: Marjanovic antisipasi Gasol jelang Serbia vs Spanyol

Baca juga: Polandia lanjutkan catatan sempurna, atasi Rusia 79-74

Baca juga: Argentina atasi Venezuela, giliran Gabriel Deck bersinar
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019