Jakarta (ANTARA) - Yunani yang ditopang bintangnya Giannis Antetokounmpo menjadi korban berikutnya dari kelanjutan catatan sempurna Amerika Serikat dalam Piala Dunia FIBA 2019.

Bertemu dalam laga putaran kedua Grup K di Shenzhen, China, Sabtu, Amerika berhasil mengalahkan Yunani 69-53 untuk meraih kemenangan keempatnya dalam empat pertandingan yang sudah dijalani.

Hasil itu membuat Amerika menjejakkan satu kakinya di babak perempat final, meskipun mereka masih harus menghadapi Brasil pada laga pemungkas putaran kedua Grup K pada Senin (9/9).

Sebaliknya, Yunani wajib menang saat menghadapi Republik Ceko dengan selisih keunggulan yang tak sedikit jika ingin memiliki setitik asa untuk lolos ke perempat final.

Kekalahan ini jadi hasil minus ketiga Yunani sepanjang putaran final di China. Padahal, Antetokounmpo kembali tampil maksimal menghadapi lawan-lawan yang biasa ditemuinya di NBA, liga tempat ia menjadi Pemain Terbaik (MVP) pada musim 2018/19.

Baca juga: Antetokounmpo bawa Yunani ke babak kedua, lewati hadangan New Zealand

Antetokounmpo mengemas dwiganda 15 poin dan 13 rebound, sayangnya cuma mendapat bantuan 13 poin dari Kostas Sloukas, sedangkan rekan-rekannya yang lain bahkan tak mampu mencapai delapan poin per orangnya.

Sebaliknya bagi Amerika kemenangan mendapat sokongan berupa 15 poin dan enam rebound dari Kemba Walker serta 10 poin milik Donovan Mitchell.

Tapi di luar dua pemain tersebut, empat penggawa Amerika yang lain juga mencetak delapan poin atau lebih seperti Derrick White (9), Harrison Barnes (9), Jaylen Brown (8) dan Myles Turner (8).

Amerika selanjutnya akan menghadapi Brasil dalam laga pemungkas putaran kedua pada Senin (9/9).

Baca juga: Ceko ciptakan kejutan lagi, jungkalkan Brasil 93-71

Baca juga: Australia di ambang perempat final, atasi Dominika 82-76

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019