Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat  melantik Wakil Bupati Ende H Djafar H Achmad sebagai Bupati Ende periode 2019-2024, Minggu (8/9/2019).

Djafar H Achmad dilantik sebagai Bupati Ende menggantikan Bupati Ende terpilih, Marselinus Y.W. Petu yang meninggal akibat serangan jantung ketika sedang menjalankan tugas di Kupang pada 26 Mei 2019.

Baca juga: Bupati Ende meninggal di Kupang

Baca juga: Jafar Achmad diangkat jadi plt Bupati Ende


Djafar H Ahmad dan Marselinus Y.W.Pettu sebelumnya terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Ende pada 2018 dan dilantik Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat pada 7 April 2019.

Marselinus Y.W.Pettu meninggal dunia akibat serangan jantung ketika baru dua bulan menjabat sebagai Bupati Ende untuk kedua kalinya.

Pelantikan Djafar H Achmad sebagai Bupati Ende berlangsung di Kantor Gubernur NTT yang dihadiri para pejabat serta unsur muspida dan anggota DPRD dari Kabupaten Ende.

Pelantikan Bupati Ende Djafar H Achmad berlangsung secara bersamaan dengan pelantikan dr Kornelius Kodi Mete dan Marthen Christian Taka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya periode 2019-2024.

Dengan dilantiknya Djafar H Ahmad sebagai Bupati Ende maka jabatan Wakil Bupati Ende yang ditinggalkan Djafar H Ahmad masih lowong.

Seperti disaksikan Antara kehadiran Bupati Ende, Djafar H Ahmad di halaman Kantor Gubernur NTT diterima secara adat yang dilakukan sejumlah tokoh masyarakat Ende di Kupang. 

Baca juga: Gubernur NTT: penutupan Pulau Komodo sebuah keberanian tindakan
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019