Dalam era Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi open source seperti PostgreSQL sangat penting dalam membangun kemandirian bangsa.
Denpasar (ANTARA) - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengharapkan konferensi internasional "PostgreSQL 2019" di Pulau Dewata dapat memberikan angin segar bagi perkembangan pembangunan teknologi.

"Kami mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan konferensi internasional ini di Bali. Saya berharap pesona dan kedamaian Pulau Dewata dapat memberikan kejernihan pemikiran dalam membahas berbagai hal terkait pengelolaan masalah bisnis pada era digital," kata Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace saat membuka konferensi internasional "PostgreSQL 2019" di Denpasar, Senin.

Menurut dia, dalam era Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi open source seperti PostgreSQL sangat penting dalam membangun kemandirian bangsa.

"Sumber terbuka atau "open source" merupakan darah kehidupan dalam industri 4.0 karena semua koneksi membutuhkan perangkat lunak yang mudah untuk digunakan," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah siapkan perpres percepatan implementasi industri 4.0

Terlebih Pemprov Bali dengan visi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" mengembangkan program "Bali Smart Island" yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung berbagai hal termasuk pembangunan perekonomian Bali.

"Kehadiran PostgreSQL ini saya harap beri embusan segar bagi perkembangan teknologi di Indonesia dan di Bali khususnya. Saya harap dengan konferensi ini lahir berbagai pemikiran inovasi yang berguna bagi kehidupan masyarakat dan sejalan dengan arah pembangunan Pemprov Bali," ucapnya.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam arahannya melalui "video conference" menyambut baik pengembangan "open source" dan mendorong penggunaan open source baik di pemerintahan maupun sektor swasta. Penggunaan open source  akan dapat meningkatkan kemandirian bangsa.

Konferensi PostgreSQL yang dibuka secara resmi oleh Wagub Cok Ace berlangsung selama tiga hari, 9-11 September 2019 dengan tema "When Profesionals Meet Hackers" juga menghadirkan Pembicara Utama Bruce Momjian, Kohei Kaigai serta Ivan Pachenko.
Baca juga: JK: Indonesia jangan hanya jadi konsumen dari perkembangan teknologi

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019