Ada 12 haji yang masih tertinggal di Arab Saudi, karena mereka masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit di Arab Saudi
Boyolali (ANTARA) - Sebanyak 12 jamaah haji asal Debarkasi Surakarta Jawa Tengah masih tertinggal di Tanah Suci karena sakit, dan sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Ada 12 haji yang masih tertinggal di Arab Saudi, karena mereka masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit di Arab Saudi," kata Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta Agus Widakdo, di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali, Senin.

Menurut dia, dari data yang diterima 12 haji yang masih tertinggal dengan kelompok terbangnya tersebut yakni Padchurrodji Romli Mucharar (82) kloter 9 dari Kabupaten Klaten yang menjalani perawatan di RS King Abdullah Jedah, Siswo Diharjo Sopawiro (79) kloter 15 asal Temanggung, di RS King Abdul Azis Mekah.

Selain itu, Diwono Asmorejo Karto Sentono (70) kloter 19 asal Kabupaten Temanggung, di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekah, Sadir Al Ahmad Wahyudi (65) kloter 35 asal Wonosobo di KKHI Mekah, Rasmudi Kasmuti Ahmad (70) kloter 43 asal Batang, di KKHI Mekah, Sukardji Satar Kromo Rejo (62) kloter 43 asal Batang di KKHI Mekah.

Selain itu, Kusnijati Rapian Sakib (61) kloter 48 Kota Tegal di RS King Abdullah Jedah, Dachri Warmo Umar (72) kloter 51 asal Pemalang, di RS Uhud Medinah, Sulastri Kholil Maksum (68) kloter 58 asal Pati RS King Fahd Medinah, Pudji Astuti Suryomijarjo (70) kloter 70 asal Banyumas, di RS Al Anshor Medinah, Hanief Hardyanto Makmoer (80) kloter 72 asal Banjarnegara, di RS Uhud Medinah.

"Satu lagi jamaah haji Kirsanto Sanrusdi Tirtadinala (65) kloter 72 asal Kabupaten Purbalingga, dirawat di RS King Abdullah Mekah, sehingga totalnya 12 orang," katanya.

Menurut dia, 12 jamaah haji tersebut jika sudah kesehatannya pulih atau layak terbang segera dipulangkan ke Tanah Air dengan kloter berikutnya. Jika kegiatan pemulangan haji sudah selesai akan dipulangkan dengan pesawat terbang reguler ke Indonesia.

PPIH Debarkasi Surakarta hingga Senin ini, telah memulangkan haji sebanyak 74 kloter dengan total sebanyak 26.492 orang atau sekitar 76,2 persen dari total 34.756 orang yang diberangkatkan berhaji.

Jamaah kloter 74 asal Banjarnegara dan Cilacap telah mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 10.03 WIB atau lebih cepat 42 menit dari waktu yang dijadwalkan semula. Haji kloter 74 ini, dengan membawa 355 jamaah, dan kini sudah dikembalikan ke daerah asal.

"Kami kini sedang menunggu kedatangan jamaah haji kloter 75 asal Kabupaten Cilacap dengan 360 orang, dijadwalkan mendarat di bandara, sekitar pukul 17.45 WIB," demikian Agus Widakdo.

Baca juga: Haji kloter 41 asal Jateng tiba Tanah Air

Baca juga: Jamaah haji asal Banyumas meninggal sudah tiga orang

Baca juga: Seorang calhaj Jateng meninggal di pesawat menuju Madinah

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019