Jakarta (ANTARA) - Spanyol menyudahi langkah bersejarah Polandia hanya hingga perempat final Piala Dunia FIBA 2019 setelah memenangi pertemuan kedua tim dengan skor 90-78 di Shanghai, China, Selasa.

Sementara Spanyol berhak melangkah ke babak semifinal, Polandia harus merelakan penampilan gemilang mereka terhenti setelah absen 52 tahun dari Piala Dunia FIBA.

Spanyol masih menantikan lawan mereka di babak semifinal, yakni pemenang antara Australia kontra Republik Ceko yang baru akan melantai Rabu (11/9).

Sedangkan tim yang kalah dari pertandingan itu akan menghadapi Polandia dalam fase pemeringkatan 5-8 pada Kamis (12/9).

Baca juga: Jadwal perempat final, Ceko beruntung

Baca juga: Pelatih Yunani akui Ceko pantas melaju ke perempat final

Tembakan tripoin Rudy Fernandez pada sisa waktu empat menit 24 detik kuarter pertama yang membawa Spanyol unggul 16-9, menandai kepemimpinan timnya yang terus bertahan hingga laga usai.

Polandia sesekali memangkas jarak, namun pada akhirnya harus mengakui keunggulan Spanyol dan menutup pertandingan dengan kekalahan 78-90.

Secara statistik Polandia sebetulnya bisa mengimbangi, namun mereka kesulitan membendung serangan lawannya hingga Spanyol memperoleh 22 kesempatan lemparan bebas yang 15 di antaranya sukses dikonversi.

Baca juga: Polandia lanjutkan catatan sempurna, atasi Rusia 79-74

Ricky Rubio jadi bintang kemenangan Spanyol dengan torehan 19 poin, sembilan assist dan lima rebound, dalam pertandingan yang menahbiskan dirinya sebagai raja assist Piala Dunia FIBA sepanjang masa itu.

Kemenangan Spanyol juga disokong 18 poin dari Willy Hernangomez, 16 poin Rudy Fernandez, 14 poin Juancho Hernangomez serta 10 poin dan tujuh rebound Marc Gasol.

Di kubu Polandia, A.J. Slaughter tampil optimal dengan 19 poin dan enam rebound, diikuti 15 poin Adam Waczynski, 11 poin Michal Sokolowski, 10 poin Damian Kulig serta Mateusz Ponitka yang berkontribusi lewat sembilan poin dan 11 rebound.

Hasil ini membuat Spanyol menjadi tim kedua yang lolos ke semifinal setelah Argentina, menyisakan dua tempat lagi yang masih diperebutkan Amerika Serikat, Prancis, Australia dan Ceko.

Baca juga: Argentina capai semifinal, singkirkan Serbia 97-87

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019