Washington (ANTARA) - Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada Kamis (12/9/2019) bahwa departemennya serius mempertimbangkan untuk menerbitkan obligasi bertenor 50 tahun segera pada tahun depan.

"Kami sedang mencari untuk menerbitkan obligasi 50 tahun, apa yang bisa kami sebut obligasi ultra-panjang. Kami pikir ada beberapa permintaan untuk itu. Ini adalah sesuatu yang akan sangat serius kami pertimbangkan untuk tahun depan," kata Mnuchin dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

"Saya pribadi berpikir itu akan menjadi hal yang baik untuk memperluas kemampuan pinjaman AS," kata Mnuchin. "Ini jelas sangat menarik bagi kami untuk memperpanjang dan mengurangi risiko pinjaman pemerintah AS."

Mnuchin mengatakan di kemudian hari di acara lain bahwa Departemen Keuangan AS dapat mempertimbangkan kemungkinan obligasi 100 tahun jika obligasi 50 tahun diterbitkan dan berhasil.

Pernyataan Mnuchin datang satu hari setelah Presiden AS Donald Trump mencuit pada Rabu (11/9/2019) bahwa Amerika Serikat harus mulai membiayai kembali utangnya, yang telah melampaui rekor 22 triliun dolar AS.

Mnuchin dan departemennya telah mempelajari kemungkinan penerbitan obligasi ultra-panjang sejak ia pertama kali menjabat pada 2017. Saat ini, Departemen Keuangan hanya menerbitkan obligasi jangka panjang 10-tahun dan 30-tahun.

Tetapi Komite Penasihat Pinjaman Departemen Keuangan dari Asosiasi Industri Pasar dan Keuangan (SIFMA), panel pakar eksternal yang ditunjuk pemerintah, menyimpulkan pada 2017 bahwa "ada sedikit bukti permintaan kuat atau berkelanjutan" untuk obligasi ultra-panjang di pasar AS pasar.

Komite penasehat juga mencatat bahwa permintaan luar negeri untuk obligasi ultra-panjang kemungkinan akan rendah, karena kepemilikan asing atas obligasi AS umumnya jatuh tempo lebih pendek.

Sementara selera investor saat ini untuk utang jangka panjang telah mendorong imbal hasil obligasi 30-tahun ke rekor terendah, itu tidak mengubah temuan bahwa permintaan untuk obligasi 50 atau 100 tahun tidak akan cukup konsisten dari waktu ke waktu untuk memungkinkan penerbitan reguler dan diprediksi, menurut Bloomberg News.


Baca juga: Prancis Akan Terbitkan Obligasi 50-Tahun
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019