November, Mukomuko targetkan penyaluran bantuan KKP

November, Mukomuko targetkan penyaluran bantuan KKP

Sejumlah perahu motor nelayan mendarat di pinggir Pantai Batu Kumbang Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. (Foto Istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu menargetkan penyaluran bantuan sarana perikanan tangkap, berupa perahu beserta mesin dan alat tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada dua koperasi di daerah itu paling lambat November 2019.

“Tidak lama lagi penyaluran bantuan tersebut, kami target paling lama bulan November tahun ini,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Sumber Daya Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Joni Kelana Putra dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Sebanyak dua koperasi yang bergerak di sektor perikanan tangkap di daerah itu pada 2019 akan mendapatkan bantuan sarana perikanan tangkap, berupa perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan dari KKP.

Sebanyak dua koperasi yang mendapatkan bantuan dari KKP itu, yakni Koperasi Selagan Sejahtera Kelurahan Koto Jaya dan Koperasi Bangun Rejo Satuan Pemukiman (SP) 10 Desa Rawa Bangun.

Baca juga: Pokdakan Ledong terima bantuan Rp200 juta dari KKP

Ia mengatakan penyaluran bantuan sarana perikanan tangkap dari KKP kepada koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia dilaksanakan secara bertahap dan paling lambat November 2019.

“Penyalurannya dilaksanakan secara bertahap karena tidak hanya koperasi di daerah ini saja yang menerima bantuan tersebut, termasuk koperasi di kabupaten/kota di provinsi seluruh Indonesia. Kalau koperasi daerah ini belum menerimanya bulan Oktober tahun ini, paling lama bulan November 2019,” ujarnya.

Ia menyatakan KKP menetapkan dua koperasi di daerah itu sebagai penerima bantuan perahu, mesin tempel, dan alat tangkap ikan karena memenuhi persyaratan, seperti 20 nelayan sebagai anggotanya yang memiliki kartu Kusuka (Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan)

Namun, ia mengatakan bahwa dinas itu sampai sekarang belum mengetahui berapa banyak perahu, mesin tempel, dan alat tangkap ikan yang akan diberikan kepada setiap koperasi di daerah tersebut.

“Kami belum mendapatkan bocorannya dari KKP. Termasuk semua kabupaten/kota yang koperasinya mendapatkan bantuan belum tahu jumlah perahu bantuan KKP yang akan mereka terima,” ujarnya.

Baca juga: Dua koperasi Mukomuko dapat bantuan KKP
Baca juga: KKP lebih libatkan nelayan dalam perancangan bantuan kapal perikanan
Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019