New York (ANTARA) - Minyak melonjak hampir 15 persen pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), dengan Brent mencatat lompatan terbesar dalam lebih dari 30 tahun di tengah rekor volume perdagangan, setelah serangan terhadap fasilitas minyak mentah Arab Saudi memotong separuh produksi kerajaan dan memicu kekhawatiran akan pembalasan di Timur Tengah.

Serangan itu meningkatkan ketidakpastian di pasar yang relatif tenang dalam beberapa bulan terakhir dan sekarang menghadapi kehilangan minyak mentah dari Arab Saudi, yang secara tradisional menjadi pemasok terakhir di dunia. Indeks volatilitas pasar minyak mencapai level tertinggi sejak Desember tahun lalu, dan aktivitas perdagangan menunjukkan investor memperkirakan harga lebih tinggi dalam beberapa bulan mendatang.

Minyak mentah Brent, patokan internasional, ditutup pada 69,02 dolar AS per barel, melonjak 8,80 dolar AS atau 14,6 persen, kenaikan persentase satu hari terbesar sejak setidaknya 1988. Brent berjangka melihat lebih dari dua juta kontrak diperdagangkan, rekor volume harian sepanjang masa, juru bicara wanita Intercontinental Exchange, Rebecca Mitchell mengatakan.

Sementara itu, patokan AS, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) berakhir pada 62,90 dolar AS per barel, melompat 8,05 dolar AS atau 14,7 persen -- kenaikan persentase satu hari terbesar sejak Desember 2008.

"Serangan terhadap infrastruktur minyak Saudi datang sebagai sebuah guncangan dan kejutan," kata Tony Headrick, seorang analis pasar energi di St. Paul, Minnesota, pialang komoditas CHS Hedging LLC. "Saya pikir tabel tiba-tiba bergeser di jalan prospek pasokan dan menangkap banyak orang yang lengah."

Arab Saudi adalah eksportir minyak terbesar di dunia dan, dengan kapasitas cadangan yang relatif besar, telah menjadi pemasok terakhir selama beberapa dekade.

Serangan akhir pekan terhadap fasilitas pemrosesan minyak mentah milik produsen Saudi Aramco di Abqaiq dan Khura memangkas produksi sebesar 5,7 juta barel per hari dan menimbulkan pertanyaan mengenai kemampuannya untuk mempertahankan ekspor minyak. Perusahaan belum memberikan garis waktu khusus untuk dimulainya kembali hasil penuh.

Dua sumber yang diberi pengarahan singkat tentang operasi Aramco mengatakan pengembalian penuh ke produksi normal "mungkin memakan waktu berbulan-bulan."

"Saya tidak berpikir ada cukup banyak untuk mengimbangi penurunan produksi di sini untuk jangka waktu tertentu, dan Anda bahkan tidak tahu jumlah waktunya," kata Joe McMonigle, analis energi di Hedgeye Research.

Para pejabat intelijen AS mengatakan pada Senin (16/9/2019) bahwa bukti menunjukkan Iran berada di belakang serangan itu, meningkatkan momok tanggapan yang dapat semakin mengganggu pasar dunia dan pasokan global.

Presiden Donald Trump mengatakan dia "tidak terburu-buru" untuk merespons, namun dia menunggu lebih banyak rincian. Itu menandai pergeseran nada dari cuitan yang dikirim oleh Trump pada Minggu (15/9/2019), ketika ia mengatakan Amerika Serikat "siaga" dan siap untuk menanggapi.

Indeks Volatilitas Minyak Mentah Chicago Board Options Exchange, ukuran premi opsi berdasarkan pergerakan dana yang diperdagangkan di bursa minyak AS, naik menjadi 77,17, level tertinggi sejak Desember tahun lalu.

Serangan-serangan yang kemudian memukul pasokan kemungkinan akan membuat harga naik untuk beberapa waktu. Aktivitas pemesanan kargo minyak mentah dan tarif pengiriman untuk pengiriman dari Gulf Coast AS naik selama akhir pekan dan pada Senin (16/9/2019), kata seorang broker kapal, dan harga minyak mentah regional Teluk yang diperdagangkan secara bebas (over-the-counter) lebih tinggi dalam mengantisipasi tawaran pengiriman lebih banyak dari AS.

Amerika Serikat mengekspor sekitar tiga juta barel minyak per hari dan dapat meningkatkan pengiriman lebih lanjut.

Importir utama minyak mentah Saudi, seperti India, China, Jepang, dan Korea Selatan, akan menjadi yang paling rentan terhadap gangguan pasokan. Korea Selatan telah mengatakan akan mempertimbangkan melepaskan minyak dari cadangan strategisnya.

Trump menyetujui pelepasan minyak dari Cadangan Minyak Strategis AS, yang menampung lebih dari 640 juta barel minyak mentah.

Ekspor minyak Saudi akan berlanjut seperti biasa minggu ini karena kerajaan memanfaatkan stok dari fasilitas penyimpanannya yang besar, sumber industri menjelaskan tentang perkembangan tersebut kepada Reuters. Namun, serangan itu telah menimbulkan kekhawatiran tentang berapa lama kerajaan akan mampu mempertahankan pengiriman minyaknya.

Lonjakan awal harga pada Minggu (15/9/2019) adalah yang terbesar untuk minyak mentah Brent sejak krisis Teluk 1990-1991, sebelum mundur kembali karena berbagai negara mengatakan mereka akan memanfaatkan pasokan darurat untuk menjaga dunia dipasok dengan minyak.

Anggota Badan Energi Internasional (IEA) diharuskan menyimpan 90 hari impor dalam penyimpanan untuk mengimbangi guncangan pasokan.


Baca juga: Harga minyak melonjak usai serangan terhadap fasilitas Saudi
Baca juga: Minyak turun karena keraguan perdagangan AS-China, pembicaraan OPEC+
Baca juga: Harga minyak turun tipis setelah Trump memecat penasihat keamanan



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019