Mukomuko butuh alat berat cegah kebakaran meluas

Mukomuko butuh alat berat cegah kebakaran meluas

Aparat yang terdiri atas TNI, polisi, instansi terkait. dan masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu melakukan pemadaman kebakaran lahan kebun plasma kelapa sawit seluas enam hektare. (ANTARA/HO-BPBD Mukomuko)

Mukomuko (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini membutuhkan alat berat untuk mencegah kebakaran kebun plasma kelapa sawit di lahan gambut seluas enam hektare di Desa Ujung Padang meluas.

“Kami membutuhkan alat berat untuk menggali siring keliling lahan yang terbakar tersebut agar kebakaran lahan gambut tidak meluas,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Syahrizal dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Kebun plasma kelapa sawit di lahan gambut seluas sekitar enam hektare milik dua masyarakat petani di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko terbakar sejak Sabtu (14/9) sampai sekarang.

Ia menyatakan, instansinya telah berkoordinasi dengan sekretaris daerah pemerintah setempat guna membahas solusi untuk memadamkan kebakaran lahan gambut dan mencegah kebakaran tersebut meluas.

Ia menjelaskan, tim gabungan yang terdiri dari TNI dan Kepolisian instansi terkait, pemerintah setempat dan masyarakat setempat sejak hari Sabtu (14/9) sampai sekarang melakukan pemadaman kebakaran kebun plasma kelapa sawit di lahan gambut seluas sekitar enam hektare di daerah ini.

Ia menyatakan, saat ini personel tim gabungan memadamkan kebakaran lahan gambut menggunakan peralatan manual karena mobil pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran lahan tersebut.

Baca juga: Aparat memadamkan kebakaran lahan sawit di Mukomuko

“Mereka ini menggunakan cangkul namun peralatan ini terbatas untuk menggali lobang yang mencegah kebakaran lahan gambut meluas. Buktinya api masih tetap menyala di bagian bawah lahan gambut tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, ia menyatakan, pihaknya membutuhkan alat berat untuk menggali lobang yang cukup besar untuk mencegah kebakaran lahan gambut meluas di kebun plasma kelapa sawit milik masyarakat setempat.

Instansinya telah menyampaikan permasalahan ini kepada sekretaris daerah setempat dan berharap ada bantuan alat berat bisa dikabulkan.

Baca juga: Bupati antisipasi kebakaran hutan dan lahan gambut di Mukomuko
Baca juga: Asap karhutla Rimbo Panjang selimuti jalan Pekanbaru-Padang
Baca juga: Presiden Jokowi tegaskan pentingnya upaya pencegahan Karhutla


Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019