Mahasiswa Papua-Papua Barat Jabodetabek ajak kembali lanjutkan studi

Mahasiswa Papua-Papua Barat Jabodetabek ajak kembali lanjutkan studi

Sekjen Aliansi Mahasiswa Papua Cabang Bekasi Rajid Patitan (dua dari kiri) bersama perwakilan mahasiswa Papua Jabodetabek, usai menyampaikan pernyataan sikap, di Jakarta, Kamis (19/9/2019) (Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Mahasiswa Papua-Papua Barat se-Jabodetabek mengajak kawan-kawannya yang masih pulang ke kampung halamannya untuk kembali berangkat ke daerah tempatnya belajar dan melanjutkan studi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Mahasiswa Papua yang tersebar di seluruh Indonesia juga agar tetap fokus pada proses studinya," kata Sekretaris Jenderal Aliansi Mahasiswa Papua Cabang Bekasi Rajit Patitan, di Jakarta, Kamis petang.

Baca juga: Pemprov Papua diminta cari solusi terkait pulangnya mahasiswa

Ajakan itu disampaikan, kata dia, karena pemerintah telah menjamin keamanan dan kenyamanan bagi seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia, bahkan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pernyataan sikap itu disampaikannya bersama sejumlah perwakilan elemen mahasiswa Papua lainnya yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, yakni Ketua Korps Alumni Mahasiswa/Santri Nuu War Jusman Nortonggo, anggota Koalisi Mahasiswa Papua Fadrin Amar Rumakwy, dan Felix dari perwakilan Mahasiswa Sorong Universitas Pamulang.

Baca juga: Gubernur Papua Barat kumpulkan bupati bahas penanganan mahasiswa

Poin selanjutnya, mereka menyampaikan bahwa kondisi saat ini di Papua dan Papua Barat telah aman dan damai.

Rajit meminta kepada media untuk bijaksana dalam pemberitaan tentang situasi dan kondisi yang ada di Papua.

Baca juga: Gubernur Papua minta pemkab berikan pemulihan psikologis mahasiswa

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat pula bijak dalam menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif," kata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta itu.

Selanjutnya, mereka juga meminta kepada pemerintah pusat dan daerah untuk dapat menjaga kondusivitas yang terjadi di Papua.

"Siapa kita? Papua. Ada di mana kita? Indonesia. NKRI harga mati," pekik Rajit, ditirukan oleh para perwakilan mahasiswa Papua yang hadir.
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019