FPDIP tugaskan Charles Honoris jadi pimpinan BKSAP DPR

FPDIP tugaskan Charles Honoris jadi pimpinan BKSAP DPR

Anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris, saat ditemui awak media di Jakarta. ANTARA/Boyke Ledy Watra/am.

Jakarta (ANTARA) - Fraksi PDI Perjuangan DPR RI menugaskan Charles Honoris yang semula adalah Anggota Komisi I menjadi Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menggantikan Juliari Batubara.

Prosesi pelantikan tersebut rapat forum rapat BKSAP dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Utut Adianto, di Ruang BKSAP DPR RI, Jakarta, Senin, yang dihadiri para pimpinan dan sejumlah anggota BKSAP.

Sementara itu, Juliari Batubara ditugaskan Fraksi PDI Perjuangan DPR RI menjadi Wakil Ketua Komisi XI menggantikan M Prakosa.

Menurut Utut Adianto, rotasi yang dilakukan Fraksi PDI Perjuangan terhadap sejumlah anggotanya pada pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) berdasarkan Surat Nomor : 127/F-PDIP/DPR-RI/IX/2019, yang diterima Pimpinan DPR RI tanggal 19 September 2019, adalah untuk penyegaran.

Pada kesempatan tersebut Utut Adianto mengatakan, meskipun tugas anggpta DPR RI periode 2014-2019 sudah di penghujung periode, tapi pimpinan dan anggota BKSAP diharapkan tetap dapat bekerja dengan baik, mengemban amanah konstitusi untuk mendukung pelaksanaan kebijakan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.

Setelah pelantikan tersebut, maka formasi pimpinan BKSAP adalah, Ketua; Nurhayati Ali Assegaf (Fraksi Partai Demokrat), serta para Wakil Ketua adalah Dave Akbarshah Fikarno (Fraksi Partai Golkar), Surahman Hidayat (Fraksi PKS), Achmad Farial (Fraksi PPP), dan Charles Honoris (Fraksi PDI Perjuangan).

Setelah memimpin pengucapan sumpah dan janji pada prosesi pelantikan tersebut, Utut Adianto secara simbolik menyerahkan palu pimpinan sidang dan memberikan kesempatan kepada pimpinan baru BKSAP untuk meneruskan rapat.

Anggota DPR RI periode 2014-2019, termasuk BKSAP, akan bertugas sampai 30 September 2019.

Baca juga: BKSAP DPR: kebijakan Trump timbulkan keresahan

Baca juga: Spanyol tertarik jalin kerja sama sektor kesehatan RI

Baca juga: DPR ingin resolusi UE terkait sawit ditinjau
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019