Yogyakarta jadi tuan rumah Konferensi Internasional Polisi Wanita

Yogyakarta jadi tuan rumah Konferensi Internasional Polisi Wanita

Arsip: Para delegasi Polwan RI melakukan "parade of nations" saat mengikuti "The 57th IAWP Training Conference 2019" di Anchorage, Alaska, AS. ANTARA/HO/Divhubinter Mabes Polri

Jakarta (ANTARA) - Yogyakarta akan menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Polisi Wanita se-dunia atau "International Association of Women Police" (IAWP).

"Indonesia terpilih menjadi negara tuan rumah pertama di Asia penyelenggara IAWP Conference pada 2020, tepatnya di Yogyakarta," kata Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri, Brigjen Pol Krishna Murti melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Krishna menyebutkan IAWP merupakan organisasi yang menaungi polisi wanita seluruh dunia berdiri sejak 1915 di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Anggota IAWP terdiri dari 73 negara yang setiap tahunnya menggelar konferensi internasional di negara yang berbeda.

Dikatakan Krishna, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah konferensi internasional polisi wanita lantaran pencapaian tiga delegasi memenangkan penghargaan di Quito, Equadior pada 5 Maret lalu.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi beranggotakan AKBP Yuli Cahyanti dan AKP Anggraini Putri dengan materi presentasi yang memukau para tim penilai.

Para polisi wanita Indonesia mengangkat tema "Women at The Center Stage of Policing" yang mengalahkan delegasi dari Chicago, Amerika Serikat.

Dalam rangkaian persiapan menjelang IAWP 2020, sebanyak 24 delegasi polwan RI mengikuti "The 57th IAWP Training Conference 2019" di Anchorage, Alaska, AS.

Para delegasi polwan itu akan melaporkan perkembangan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah IAWP 2020 pada Board of Director Meeting dan pengamatan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan IAWP 2019 sebagai referensi penyelenggaraan konferensi IAWP di Yogyakarta.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi selaku Ketua Region 23 yang membawahi 19 negara, dan didampingi oleh Irjen Pol Maltha selaku Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, serta Brigjen Pol Krishna Murti.

Pada pembukaan acara, dilaksanakan "Parade of Nations" untuk menunjukkan konferensi internasional itu dihadiri delegasi polwan dari berbagai belahan dunia.

Khrisna menuturkan kontingen Polwan RI menarik perhatian warga yang menyaksikan di sepanjang rute parade tersebut dengan yel-yel, seragam, dan atribut yang dikenakan.

Kemudian, delegasi Polwan RI juga menggelar "Hospitality Night" yang diketuai Brigjen Pol Juansih, untuk mempromosikan budaya Indonesia dan sekaligus mengundang peserta IAWP 2019 untuk hadir di Yogyakarta pada 2020.

Dalam kegiatan tersebut, delegasi Indonesia berhasil menampilkan pagelaran budaya yang menarik dan mendapatkan apresiasi dari berbagai negara, bahkan melebihi target peserta yang hadir, yaitu sejumlah 500 orang.

Selain menyelenggarakan Host Night, dalam rangka mempromosikan IAWP 2020, delegasi Polri juga ikut serta pada Exhibition Booth IAWP 2019 dengan menyediakan berbagai souvenir khas Indonesia.

Selain itu, delegasi Indonesia juga menunjukkan cara membatik kepada pengunjung "booth" Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia yang akan berpartisipasi pada IAWP 2020 di Yogyakarta dapat mengakses laman resmi "www.iawp2020indonesia.org".
Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019