Jakarta (ANTARA) - Kepadatan arus lalu lintas terjadi di sejumlah ruas jalan tol pada Rabu malam terdampak penutupan Tol Dalam Kota (Jakarta Inner Ring Road) arah Cawang-Tomang dan sebaliknya.

Penutupan itu terjadi lantaran aksi unjuk rasa tak berizin yang dilakukan oleh ratusan pelajar STM di depan gedung DPR/MPR RI yang berujung bentrok dengan aparat keamanan.

Baca juga: Demo pelajar STM di Gedung DPR, polisi tiadakan ganjil genap Rabu sore

Baca juga: Sejumlah kendaraan di depan DPR RI dipersilakan berputar arah

Baca juga: Rekayasa lalu lintas kembali diberlakukan di sekitar DPR RI

Baca juga: Demonstrasi mahasiswa, Jasa Marga tutup Tol Dalam Kota Cawang-Tomang


Kepala Sub Bidang Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir mengatakan kepadatan arus lalu lintas di sejumlah jalur tol dan arteri.

"Yang padat tol dan arteri arah Janger (Jakarta-Tangerang) ke utara maupun dari Bandara (Internasional Soekarno-Hatta) ke arah Ancol," kata Nasir dalam keterangan tertulis, Rabu.

Dia juga mengatakan kepadatan arus lalu lintas juga terpantau di Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer RIng Road/JORR).

"Juga dari timur tol dan arteri arah ke utara padat dan arah ke selatan JORR dan Pasar Minggu cukup padat," tutur Nasir.

Selain itu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan pemberlakuan ganjil genap secara terbatas akibat aksi demo pelajar yang berlangsung di depan Gedung DPR/MPR RI pada Rabu sore.

"Kepolisian Lalu Lintas mengambil langkah diskresi terhadap pemberlakuan rambu lalu lintas tentang pembatasan lalu lintas ganjil genap," ujarnya.

Adapun pemberian diskresi pembatasan ganjil genap untuk Rabu sore pukul 16.00-21.00 WIB ditiadakan pada lajur:

1. Dari Jalan S. Parman - MT Haryono dan sebaliknya.

2. Dari Jalan Kota Tua - Jalan Fatmawati dan sebaliknya.

Peniadaan ganjil genap terbatas dan rekayasa lalu lintas dilakukan akibat demo yang dilakukan oleh sejumlah pelajar dari Sekolah Teknik Menengah (STM) untuk menolak RUU KUHP di depan DPR RI, Rabu.

Berikut lima ruas jalan yang terdampak akibat aksi demo di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat RI tersebut:

Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke arah Slipi ditutup, di bawah Jembatan Layang Ladogi diarahkan ke Jalan Gerbang Pemuda.

Jalan Gerbang Pemuda yang arah ke kiri ditutup dan dibelokkan Jalan Asia Afrika, Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono.

Jalan Asia Afrika ke arah Jalan Gerbang Pemuda ditutup diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar dibelokan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di TL ditutup ke Jalan Lapangan Tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar arah ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama.

Jalan Tentara Pelajar pojok Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan kendaraan yang memutar balik.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019