Disiplin jadi kunci kemenangan atlet lempar cakram Rafika di Pomnas

Disiplin jadi kunci kemenangan atlet lempar cakram Rafika di Pomnas

Atlet lempar cakram dari DKI Jakarta Rafika Putra menunjukkan medali setelah memenangkan juara 1 lempar cakram Pomnas 2019 di Jakarta, Rabu (25/9/19). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Disiplin dan konsistensi dalam berlatih menjadi kunci utama atlet lempar cakram putra dari DKI Jakarta Rafika Putra  yang memenangkan perlombaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI.

"Yang pasti kita kalau latihan itu konsisten dan disiplin saja," kata atlet yang mewakili Universitas Perbanas itu setelah menerima penghargaan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Rafika memenangkan juara pertama di nomor lempar cakram setelah sebelumnya juga memenangkan juara pertama lomba lontar martil pada Pomnas 2019 ini.

"Rasanya terus terang sangat puas dengan hasil yang saya raih di Pomnas ini. Sebelumnya saya juga bisa menang juara satu nomor lontar martil. Jadi sangat puas," katanya.

Selain disiplin dan konsisten, kunci kesuksesan lain yang mendorongnya meraih kemenangan adalah dengan mengikuti saran pelatih.

"Kita harus percaya sama pelatih kita. Harus yakin dengan program yang mereka kasih," ujarnya.

Untuk menghadapi perlombaan itu, Rafika mengatakan tidak memiliki persiapan ataupun latihan khusus.

"Tidak ada persiapan khusus. Hanya persiapan umum," tuturnya.

Persiapan khusus, katanya, justru akan mulai diintensifkan untuk persiapan SEA Games 2019 yang dijadwalkan pada sekitar November.

"Kita persiapan khususnya untuk di bulan 11. InsyaAllah kita ikut SEA Games di bulan 11," katanya.

Rafika mengatakan dirinya sudah pernah mengikuti kejuaraan Asia dan Asia Tenggara untuk nomor lontar martil dan lempar cakram kelas remaja dan junior, selain juga di kejuaraan atletik Asian School Games dan SEA Youth Games se-Asia Tenggara.

Baca juga: Meski bau gas air mata, kejuaraan atletik POMNAS tetap berlanjut

Baca juga: Tim DKI Jakarta raih emas nomor 4x100 m estafet putri Pomnas 2019
Pewarta : Katriana
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019