Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau Muhammad Rudi mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga Pancasila demi terciptanya rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pancasila jelas sakti, bisa menggabungkan kita. Kita adalah kita, kita digabungkan Pancasila, menjadi Indonesia," kata Wali Kota usai menghadiri apel memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Batam, Selasa.

Baca juga: Akademisi: Pancasila sakti dengan interpretasi nilai budaya

Baca juga: Rumah Pancasila: Perkuat jiwa Pancasila daripada batasi akses medsos

Baca juga: Presiden: Pancasila pemandu persatuan bangsa


Ia mengatakan Pancasila telah puluhan tahun terbukti dapat menyatukan seluruh masyarakat Indonesia yang beragam, maka harus tetap dilanjutkan terus.

Dengan landasan Pancasila, Wali Kota mengajak seluruh masyarakatnya menjaga Batam, termasuk mendukung pemerintah yang tengah melakukan pembangunan di segala bidang.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan syukur karena tidak ada unjuk rasa berlebihan di Batam.

"Saya bersyukur kepada Allah, di Jakarta dan daerah-daerah lain di Indonesia anak-anak mahasiswa menyampaikan aspirasinya. Di Batam, anak-anak menyampaikan melalui pribadi kepada kita," kata dia.

Mahasiswa Batam tidak berunjuk rasa berlebihan di jalanan, melainkan langsung menyampaikan aspirasi kepada pimpinan daerah.

"Tidak dengan unjuk rasa, sehingga saya berterima kasih dengan mahasiswa, karena Batam ini milik kalian. Kami yang senior ini membangun," kata dia.

Ia berharap mahasiswa tetap menjaga keamanan dan kondusifitas kota.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019