Medan (ANTARA) - Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengatakan Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia," kata Fadhilah dalam sambutannya pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Makodam I/BB, Medan, Selasa.

Baca juga: Kodam I/Bukit Barisan canangkan zona integritas bebas korupsi

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu mengambil tema:"Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia".

Mayjen Fadhilah mengatakan Indonesia bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Baca juga: Pangdam I/BB: Prajurit harus saling percaya

"Kita Indonesia, Kita Pancasila," ujarnya.

Fadhilah menyebutkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan revolusi yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila penting bangkitkan kesadaran membangun bangsa

Selain itu, mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dimaksudkan sebagai sarana untuk menanamkan keyakinan pada kita semua bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tidak boleh diubah oleh siapapun," katanya.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila jadi momentum perdamaian bangsa

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, seluruh prajurit dan PNS Kodam I/BB membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan keadilan demi keutuhan NKRI.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut dihadiri Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, Irdam I/BB, para perwira Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Komandan dan Kabalak Kodam I/BB.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019