Jayapura (ANTARA) - Kegiatan perbankan di Wamena, sejak Senin (30/9) kembali normal walaupun sebagian karyawan masih diungsikan akibat trauma .

Kepala Bank Indonesia Papua Naek Tigor Silaban kepada Antara di Jayapura, Selasa membenarkan sudah mulai beroperasinya kantor-kantor perbankan yang ada di Wamena.

"Dari laporan yang diterima perbankan sudah beroperasi dan melakukan pelayanan seperti biasa, baik itu di BPD Papua, BNI,BRI maupun Mandiri," kata Silaban.

Direktur BPD Papua Zendarto mengatakan, dari laporan yang diterima sebagian besar aktifitas yang terjadi yakni penarikan dana nasabah.

“Banyak nasabah yang datang hanya untuk menarik tabungan atau simpanan yang ada di BPD Papua di Wamena,” kata Zendarto.

Sementara itu Kakanwil Bank Mandiri Papua I Gede Arimbawa mengungkapkan, operasional di banknya sudah normal sejak Jumat (28/9). Namun pelayanan dilakukan karyawan lokal karena karyawan yang berasal dari luar untuk sementara diungsikan ke Jayapura.

Kerusuhan yang terjadi di Wamena, Senin (23/9) menyebabkan 32 orang meninggal, 67 orang luka-luka dan ratusan rumah,ruko dan kantor pemerintahan dibakar dan dirusak massa termasuk kendaraan baik roda dua maupun empat.


Baca juga: OJK nyatakan perbankan di Wamena beroperasi terbatas
Baca juga: Papua Terkini - Operasional perbankan di Wamena masih lumpuh
Baca juga: Papua Terkini - Perbankan di Wamena masih lumpuh pasca demo anarkis

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019