Hotel di Pariaman dipenuhi atlet sepatu roda

Hotel di Pariaman dipenuhi atlet sepatu roda

Ilustrasi - Hotel bintang dua di Payakumbuh (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Sejumlah hotel dan belasan penginapan atau homestay di Kota Pariaman, Sumatera Barat dipenuhi oleh atlet dan ofisial pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sepatu Roda yang akan berlangsung 4-6 Oktober 2019 di daerah itu.

"Setidaknya ada 392 atlet dan sekitar 800 ofisial pada Kejurnas Sepatu Roda di Pariaman dan akan berada di sini untuk beberapa hari ke depan," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Hertati Taher di Pariaman, Kamis.

Baca juga: Menpar ajak pengusaha hotel dukung pengembangan pariwisata

Ia mengatakan atlet dan ofisial tersebut sebagian besar menginap di hotel, penginapan dan sejumlah rumah warga di Pariaman sedangkan sisanya menginap di rumah keluarga.

Ia menyampaikan hotel dan penginapan tersebut merupakan rekomendasi dari pihaknya yang disampaikan melalui buku pedoman.

Atlet dan ofisial tersebut, lanjutnya, dipersilakan memesan kamar secara mandiri atau dibantu oleh pihak panitia.

Selain itu, pihaknya juga merekomendasikan transportasi yang mudah menuju ke lokasi arena sepatu roda yang terletak di Pantai Cermin.

"Para atlet berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada yang dari Malaysia menginap di Pariaman," katanya.

Baca juga: Gubernur Lampung ajak pengusaha hotel majukan pariwisata

Ia mengatakan dengan banyaknya atlet dan ofisial tersebut maka dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari pajak hotel dan penginapan.

Sebelumnya sebanyak 392 atlet dari 33 klub sepatu roda menyatakan ikut serta pada Kejurnas Pariaman Open yang akan dilaksanakan 4-6 Oktober 2019 di Pantai Cermin, Kota Pariaman.

"Beberapa atlet sudah tiba ke Pariaman, bahkan sudah menjajal arena sepatu roda di Pantai Cermin," kata Hertati Taher di Pariaman, Rabu (2/10).

Ia mengatakan hingga Rabu (2/10) siang, sudah enam klub tiba di Pariaman. Tim tersebut yaitu dari Malaysia, Kerawang Jawa Barat, Jambi, Padang, Riau dan Pasaman.

Sedangkan klub lainnya, lanjutnya, masih dalam perjalanan dan diprediksi bagi yang menggunakan pesawat akan sampai di Pariaman pada Rabu sore, sedangkan bagi yang mengambil jalur darat akan tiba Rabu malam.

Semua atlet tersebut, kata dia  menginap di hotel dan penginapan yang ada di Pariama. Kondisi itu tidak saja menguntungkan pemilik usaha namun juga untuk daerah.

Baca juga: Apindo: Presiden Jokowi minta pengusaha bangun hotel di Mandalika
Pewarta : Altas Maulana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019