Tjahjo Kumolo lakukan sertijab Mendagri kepada Tito Karnavian

Tjahjo Kumolo lakukan sertijab Mendagri kepada Tito Karnavian

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) bersama pejabat lama Tjahjo Kumolo (kedua kanan) di sela-sela serah terima jabatan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik Tito Karnavian menjadi Menteri Dalam Negeri dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc/pri.

Jakarta (ANTARA) -
Politisi PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo melakukan serah terima jabatan Menteri Dalam Negeri kepada Jenderal (Purn) Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu siang.

Dalam kesempatan tersebut Tjahjo Kumolo selaku Mendagri Kabinet Kerja 2014-2019 mengucapkan selamat bertugas kepada Tito yang baru saja dilantik sebagai Mendagri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Baca juga: Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Kabinet Indonesia Maju

"Selamat kepada Pak Tito untuk mengemban tugas sebagai Mendagri, sebagai amanah yang diberikan oleh Pak Presiden Joko Widodo," kata Tjahjo dalam sambutannya pada acara sertijab Mendagri di Jakarta, Rabu.

Tjahjo menyampaikan selama dirinya menjabat Mendagri, ada hal yang kurang sempurna yakni terkait menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah.

Baca juga: IPW: Tito Karnavian jadi Mendagri penghargaan buat Korps Bhayangkara

Dia meyakini pengalaman Tito sebagai Kapolri, akan mampu menyelesaikan kekurangan tersebut.

Sementara itu, Mendagri yang baru dilantik Tito Karnavian menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tjahjo Kumolo atas berbagai terobosan yang telah dilakukan di Kemendagri.

Baca juga: Tjahjo Kumolo dari Mendagri ke Menpan RB

"Kita ucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada guru besar politik saya dan kita semua, Pak Tjahjo Kumolo. Banyak yang sudah diletakkan beliau, terobosan saya kira banyak," kata Tito.

Dia mendoakan Tjahjo menyelesaikan tugas secara "husnul khotimah", dalam arti tidak meninggalkan hal negatif di kemudian hari.

"Kalau pun ada (hal negatif) saya sebagai junior yang baik akan berusaha menyelesaikan," ujar dia.

Adapun Tjahjo Kumolo sendiri ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Usai acara sertijab Mendagri, Tjahjo Kumolo langsung menuju Kementerian PAN-RB untuk melakukan sertijab Menteri PAN-RB.
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019