jika pemerintah telah membuat kesepakatan dan pemberitahuan mengenai perbatasan dengan negara sahabat, regulasi itu harus ditegakkan sebagai jalan terakhir.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan bahwa penenggelaman terhadap kapal-kapal asing pencuri ikan akan tetap dilakukan demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kalau penenggelaman untuk menjaga kedaulatan ya harus kami lakukan," kata Edhy ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Menurutnya, jika pemerintah telah membuat kesepakatan dan pemberitahuan mengenai perbatasan dengan negara sahabat, regulasi itu harus ditegakkan sebagai jalan terakhir.

Baca juga: Susi Pudjiastuti: Edhy Prabowo sudah kenal KKP

Namun sebelum penenggelaman dilakukan juga perlu dikonfirmasi mengenai alasan pelanggar itu melakukan penangkapan ikan ilegal.

Sementara itu untuk pengelolaan nelayan dalam negeri, dia berencana membina para nelayan agar menangkap ikan sesuai peraturan.

"Jangan langsung dihukum. Ini yang mau kamit jalankan. Jangan tiba-tiba hukum, hukum, hukum tapi solusinya apa. Mereka ini kan perlu pembinaan, tidak semua nelayan ini memahami," ujar Edhy.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan akan melanjutkan kebijakan yang baik di kementeriannya.
Dia juga berencana meningkatkan perikanan budi daya.
Baca juga: Pusat Kajian Maritim: Edhy Prabowo harus dorong partisipasi nelayan

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019