Jakarta (ANTARA) - Jenderal TNI Purn Ryamizard Ryacudu melakukan serah terima jabatan (sertijab) Menteri Pertahanan kepada Prabowo Subianto di Aula AH Nasution, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis.

Serah terima jabatan itu ditandai dengan penandatanganan memorandum sertijab Menhan yang dilakukan oleh Menhan periode 2014-2019 Ryamizard Ryacudu dan Menhan yang baru Prabowo Subianto.

Baca juga: Prabowo minta waktu pelajari situasi sebelum mulai bekerja

Baca juga: Ryamizard ucapkan selamat kepada Prabowo


Hadir dalam sertijab Menhan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Selain itu tampak hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menko Polhukam Mahfud MD.
 
Menhan Prabowo Subianto saat inspeksi pasukan pada jajar kehormatan, di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)


Sebelum dilakukan serah terima jabatan, Prabowo Subianto disambut upacara jajar kehormatan saat tiba di Kementerian Pertahanan.

"Ada upacara dulu di depan, rangkaian jajar kehormatan, beliau diterima dan diperkenalkan pejabat Kemenhan," kata Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto.

Prabowo tiba di lokasi sekitar pukul 14.04 WIB. Mantan Danjen Kopassus itu langsung menaiki podium dan menerima laporan dari komandan upacara. Ia kemudian berjalan mengelilingi pasukan jajar hormat yang berada di depannya.

Usai penyambutan oleh pasukan jajar kehormatan, rangkaian acara dilanjutkan dengan sertijab dari Ryamizard Ryacudu melalui penandatanganan Memorandum di Gedung Jenderal AH Nasution.

Baca juga: Presiden arahkan kerja tim di Kabinet Indonesia Maju

Ryamizard Ryacudu sebelumnya mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang dipercaya untuk melanjutkan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan periode 2019-2024.

"Saya ucapkan selamat kepada Prabowo kawan saya, satu tingkat satu kompi sama-sama terus. Sekarang menggantikan saya alhamdulillah, kira-kira tidak beda jauh," kata Ryamizard Ryacudu, di sela-sela perpisahan dengan jajaran Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (23/10).

Jabatan yang diemban Ryamizard Ryacudu digantikan teman satu angkatannya di Akademi Militer, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Prabowo Subianto, yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka dalam susunan Kabinet Indonesia Maju.

Dalam memimpin Kementerian Pertahanan, dia meyakini sosok Prabowo dapat mengetahui dengan pasti apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Prabowo pun diyakini juga mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan Kementerian Pertahanan.

"Dia (Prabowo) lebih tahu lah, kita di tempat menyesuaikan. Saya di mana-mana menyesuaikan, di sini menyesuaikan dengan Kemhan, bukan Kemhan harus sesuaikan kita," ujarnya.

Baca juga: Kabinet Indonesia Maju sidang paripurna perdana dengan Presiden

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019